Sabtu, 19 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Kerjakan Soal Unas, Siswa Pakai Smartphone 

21 Maret 2019, 21: 37: 44 WIB | editor : Perdana

SIMULASI: Pelajar SMPN 2 Karanganyar berlatih ujian menggunakan smartphone. 

SIMULASI: Pelajar SMPN 2 Karanganyar berlatih ujian menggunakan smartphone.  (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Persiapan terus dilakukan sekolah menjelang ujian nasional berbasis komputer (UNBK)  pada April mendatang. Salah satunya SMPN 2 Karanganyar dengan menggelar try out berbasis smartphone. Selain persiapan UNBK, ini sekaligus untuk persiapan dunia pendidikan dalam menyongsong revolusi industri 4.0. 

Kepala sekolah SMPN 2 Karanganyar Sumarni menjelaskan, sebagai sekolah rujukan nasional, SMPN 2 Karanganyar selalu meningkatkan kualitas mutu pelayanan terhadap peserta didik dan kualitas kompetensi guru.

“Guru harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era pendidikan 4.0. Sebab, peserta didik yang dihadapi guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital,” terangnya.

Diungkapkan Sumarni, mapel yang diujikan di antaranya Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA. Sebanyak 288 siswa kelas IX ikut kegiatan tersebut. Mereka mengerjakan soal ujian dengan smartphone masing-masing peserta didik.

Dengan memanfaatkan layanan Microsoft Office 365, ada beberapa manfaat yang dirasa. Selain dapat menghemat biaya, juga dapat mengurangi penggunaan kertas pada setiap pelaksanaan try out.

“Ke depan kami akan melihat perkembangan menggunakan fitur tersebut. Apabila memungkinkan, layanan ini akan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti tugas sekolah dan lain-lain,” ujarnya.

Salah satu guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Endang Tri Hastuti menambahkan, sistem pembelajaran menggunakan smartphone tersebut, seperti siswa lebih fokus mengerjakan soal. Mereka juga dapat melihat langsung nilai soal-soal yang telah mereka kerjakan.

Salah satu Siswa kelas IX G, Puja Anisa Balqis mengatakan, dibanding dengan menggunakan komputer, smartphone lebih berkonsentrasi. Karena tidak terlalu besar dan simpel.

“Simpel dan nilainya juga langsung keluar,” ujarnya. (rud/bun)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia