alexametrics
Kamis, 03 Dec 2020
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Hebat! Sulap Sampah Jadi Bahan Bangunan, Kok Bisa?

24 Maret 2019, 23: 16: 40 WIB | editor : Perdana

Hebat! Sulap Sampah Jadi Bahan Bangunan, Kok Bisa?

BOYOLALI - Pengolahan sampah yang dilakukan warga Desa Doplang, Kecamatan Teras terus berkembang. Tak hanya untuk hiasan dan barang kerajinan lainnya, bahkan sampah diolah untuk bahan bangunan rumah ramah lingkungan.

Ya, nyatanya sampah plastik yang sudah tak bisa diolah, bisa diubah menjadi batako, bata cantik, dan paving. Bahan bangunan itu dinilai lebih ramah lingkungan. Sebab, dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan tak menyisakan limbah sama sekali.

Ketua pengelola BUMDes Bareng Nyawiji Saryono mengungkapkan, selama ini sampah tak ada orang yang melirik. Bahkan, pemulung saja hanya memulung sampah platik yang keras untuk dilebur kembali.

Dari situlah, dia berkomitmen untuk memanfaatkan sampah tersebut guna mengurangi pencemaran lingkungan. “Plastik kresek tak bisa diurai oleh bakteri di dalam tanah. Sehingga diolah menjadi bahan bangunan,” kata Saryono.

Selain bata cantik sebagai pengganti batu candi alam, juga ada paving. Saryono mengungkapkan, pembuatan batako sampah pun sangat sederhana. Sebelumnya, sampah dibakar hingga menjadi cair. 

Lalu, cairan plastik dimasukkan ke dalam mesin cetak pres manual dan dibiarkan beberapa saat. Kemudian, mesin pres dimasukkan ke dalam kolam berisi air agar cairan cepat mengeras.

“Lalu batako dikeluarkan dari mesin cetak dan dibersihkan,” terangnya. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP