Sabtu, 19 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Penerima PKH Solo Diminta Iklhaskan Rp 1 Juta, untuk Apa?

25 Maret 2019, 21: 01: 03 WIB | editor : Perdana

Pembagian bansos PKH di kompleks balai kota

Pembagian bansos PKH di kompleks balai kota

Share this      

SOLO – Sebanyak 15.883 warga kurang mampu di Solo menerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Senin (25/3). Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) rata-rata maksimal memperoleh bantuan Rp 9,6 juta setahun.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta setiap KPM mengikhlaskan Rp 1 juta dari total bantuan yang diterima. Potongan itu dapat digunakan untuk membentuk koperasi yang bermanfaat dalam jangka panjang. 

Permintaan itu cukup beralasan. Sebab, Rudy merasa khawatir jika KPM bakal kelimpungan setelah program yang berjalan sejak 2007 itu dihentikan.

”Saya minta dimanfaatkan sebaik-baiknya. Teman-teman rata-rata mendapat Rp 9,6 juta. Jika disisihkan Rp 1 juta saja untuk koperasi, total itu jadi Rp 15 miliar. Per kelompok bisa belanja kebutuhan pokok dengan harga murah di koperasi itu. Kalau bantuan langsung dihabiskan, ya habis,” kata Rudy usai pembagian bansos.

Lebih lanjut disebutkan wali kota, ada penambahan nominal tahun ini. Dalam satu kartu terdapat tujuh komponen, yakni ibu hamil, anak usia dini, anak usia sekolah dasar, anak usia SMP, SMA, lansia dan difabel. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia