Senin, 23 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Warga Binaan Rutan Solo Bersihkan Masjid

28 Maret 2019, 15: 24: 14 WIB | editor : Perdana

RAPI: Warga binaan Rutan Surakarta mengecat musala di Mangkubumen, Banjarsari. 

RAPI: Warga binaan Rutan Surakarta mengecat musala di Mangkubumen, Banjarsari.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Tangan Yulianto, 33, luwes menggoreskan kuas saat mengecat Musala Al Hidayah di Kampung Sidorejo, RT 07 RW 02 Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Rabu (27/3). Sudut musala yang tadinya kusam, menjadi lebih bersih dengan cat warna putih yang dikuaskan warga pidanaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Surakarta ini.

Rupanya, sebelum mendekam di bui karena kasus pencurian, Yulianto merupakan buruh bangunan. Tinggal sebulan lagi Yulianto bebas dan dapat berkumpul dengan keluarga. Dia berjanji menjalani hidup lebih baik.

Selain Yulianto, ada 15 warga binaan yang tergabung dalam pasukan Merah Putih melakukan pengabdian ke masyarakat. Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Surakarta Andi Rahmanto mengatakan, warga binaan yang ikut  melakukan giat luar rutan ini sebelumnya sudah disidang oleh tim pengamanat permasyarakatan (TPP) Rutan Surakarta. Mereka juga telah melewati setengah masa tahanan.

“Kita jamin tidak akan macam-macam, dalam arti memiliki niatan kabur. Meski begitu, tetap kita siagakan anggota di lokasi untuk mengawasi,” ujarnya.

Ketua takmir Musala Al Hidayah Abdul Hadi berterima kasih karena tempat ibadah umat muslim tersebut telah dibersihkan dalam rangka Hari Pemasyarakatan. “Dengan dicat begini jadi terlihat baru lagi. Harapannya masyarakat bisa lebih rajin salat berjamaah di sini,” katanya. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia