Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Upacara Ulang Tahun Raja Naik Tahta, Bedhaya Ketawang Ditarikan Utuh

28 Maret 2019, 16: 01: 30 WIB | editor : Perdana

KGPH Dipokusumo, Adik PB XIII Hangabehi

KGPH Dipokusumo, Adik PB XIII Hangabehi

Share this      

SOLO – Tidak seperti tingalan jumenengan dalem sebelumnya, upacara ulang tahun raja naik takhta pada 1 April mendatang bakal menampilkan tarian sakral Bedhaya Ketawang secara utuh, yakni selama dua jam.

Itu karena kesehatan Raja Keraton Kasunanan Surakarta PB XIII Hangabehi dalam kondisi prima. "Tahun lalu hanya 30 menit karena kondisi Sinuhun Behi (saapaan akrab PB XIII, Red) tidak terlalu sehat,” jelas KGPH Dipo Kusumo di sela rapat koordinasi bersama pemkot, TNI, Polri dan pihak terkait lainnya di kompleks keraton, Rabu (27/3).

Menurut adik PB XIII tersebut, Sinuhun ikut menyaksikan latihan Bedhaya Ketawan. Raut wajah raja pun tampak lebih cerah dari biasanya. Sejumlah tamu penting juga diundang dan bakal diberi gelar kebangsaan, dan sejumlah abdi dalem mendapatkan kenaikan pangkat.

"Secara garis besar acaranya sama (seperti tahun sebelumnya, Red). Nanti, sebelum acara utama ada kirab. Sinuhun juga ikut kirab," jelas dia.

Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta Kinkin Sultanul Hakim yang hadir dalam rapat koordinasi mengatakan, pemkot mendorong kegiatan adat dan kearifan lokal. “Memang ada ruang-ruang privat dari acara ini. Tapi, di sisi lainnya kita bisa menunjukkan bahwa kebudayaan lokal asli keraton masih terpelihara dengan baik," ujar dia. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia