Minggu, 21 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Pedagang Pasar Pengging segera Direlokasi

03 April 2019, 17: 30: 59 WIB | editor : Perdana

SUDAH RAMPUNG: Seorang warga berada di kawasan Pasar Pengging yang baru, Selasa (2/4). Sebentar lagi, bakal dilakukan relokasi pedagang dari pasar lama.

SUDAH RAMPUNG: Seorang warga berada di kawasan Pasar Pengging yang baru, Selasa (2/4). Sebentar lagi, bakal dilakukan relokasi pedagang dari pasar lama. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Satu demi satu, pasar tradisional di Kabupaten Boyolali dipercantik. Paling gres, dirampungkan pembangunan Pasar Pengging baru. Menempati kawasan Pipo, cerobong asap penginggalan Belanda di Desa Jembungan, Banyudono. Lokasinya 1 km arah timur pasar lama.

Pasar Pengging yang baru dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Karsino menjelaskan, pasar baru sanggup menampung 1.602 pedagang. Ada 87 toko dan 102 kios, plus 1.413 pedagang dengan surat izin dasaran tetap (SIDT).

”Tahun ini selesai pembangunannya. Siap untuk ditempati. Ini tinggal penyelesainya saja. Anggaran penyelesaian penataan lahan, pembuatan jalan, perbaikan bagian belakang, hingga pembuatan saluran drainase Rp 3,4 miliar,” kata Karsino kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (2/4).

Selanjutnya, Pemkab Boyolali bakal menyempurnakan pasar. Melalui pengerjaan jalan akses masuk. ”Di Pengging ada 1.602 pedagang. Semua dapat jatah, termasuk yang berjualan di luar pasar. Semua bisa dimasukan dalam 5 blok pasar,” tegas Karsino.

Pemilihan lokasi yang baru ini sudah melalui pertimbangan matang. Kendati banyak mendapat keluhan dari pedagang. Karena lokasinya tidak di pinggir jalan besar. Pedagang khawatir dagangan mereka tidak laku di lokasi yang baru. 

Namun, pemkab sudah memperhitungkannya. Karena bertujuan mengurangi kesemrawutan arus lalu lintas di kawasan wisata Pengging. Pasar pengging yang baru ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung. Yakni musala dan pasar hewan. Pasar hewan menempati sisi sebelah timur bagian selatan. Plus kantor lurah pasar di sisi timur.

Pasar Pengging yang baru ini diklaim bersih dan nyaman bagi pembeli serta pedagang. Terlihat dari perubahan pasar yang semula dua lantai, kini menjadi satu lantai. Seluruh kios menghadap ke dalam. ”Selain itu, akan disediakan kantong parkir yang ada di tiap-tiap blok. Untuk memudahkan akses distribusi bongkar muat barang,” klaim Karsino. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia