Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Solo Berencana Bangun Mal di Kawasan Kampus

05 April 2019, 10: 10: 59 WIB | editor : Perdana

PROSPEKTIF: Kawasan Makam Bong Mojo Jebres ini akan dibangun mal oleh pemkot.

PROSPEKTIF: Kawasan Makam Bong Mojo Jebres ini akan dibangun mal oleh pemkot. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Kawasan kampus memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis. Pemkot menangkap peluang ini dengan membangun pusat perbelanjaan di sekitar Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). 

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menilai, pusat perbelanjaan akan dibangun di bekas makam Bong Mojo, Mipitan, Jebres. Sebelumnya orang nomor satu di pemkot itu juga akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jebres. Dua rencana itu akan dimatangkan dan direalisasikan dua hingga tiga tahun ke depan. ”Dibangun mal sekalian. Serius ini. Biar dimanfaatkan masyarakat sana,” katanya.

Pembangunan mal, lanjut Rudy, akan dikerjakan setelah RSUD Jebres rampung. Rumah sakit tetap menjadi prioritas utama pemkot untuk memanfaatkan lahan di kawasan kampus tersebut. Jika melihat lokasi, berdirinya mal dapat lebih membangkitkan iklim investasi di Kota Bengawan. Pangsa pasar mahasiswa yang tak pernah habis menjadi salah satu faktor penarik investasi.

”Kita dorong agar ada investor masuk ke sana. Termasuk untuk rumah sakit. Barang kali ada yang membangun dibayar tiga kali,” imbuhnya.

Selain rumah sakit dan mal, wali kota juga mengemukakan kemungkinan memindah Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta di bekas makam Tionghoa tersebut. Namun rencana terakhir itu tampaknya belum dimatangkan. Rudy ingin menyelesaikan satu persatu rencana pembangunan fisik agar berjalan dengan baik.

“Kalau bisa sebelum saya selesai ya jadi semua. Tapi kalau terpaksa tidak bisa ya biar diselesaikan wali kota selanjutnya,” paparnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Toto Amanto mengatakan, keran investasi dibuka untuk Kawasan Solo bagian utara. Pemkot sudah memulai dengan memperbaiki berbagai infrastruktur seperti jembatan Tirtonadi, bending karet serta beberapa pembangunan Kawasan di Solo utara. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia