Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Pastikan Pemilu di Jateng Aman, Kapolri dan Panglima TNI: Harus Netral

05 April 2019, 20: 56: 21 WIB | editor : Perdana

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau kesiapan pasukan TNI-Polri Jateng

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau kesiapan pasukan TNI-Polri Jateng

Share this      

SOLO - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau kesiapan pasukan TNI-Polri Jawa Tengah dalam Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adi Soemarmo Jumat (5/4). Dalam giat tersebut, pasukan didorong untuk netral dan tetap profesional menjalankan tugas.

Setelah apel dibuka, panglima TNI dan kapolri langsung mengecek setiap satuan dari sisi timur. Dalam pengecekan tersebut, panglima dan kapolri menanyai masing-masing kesatuan tentang tugas-tugasnya saat pemilu.

”Ada berapa TPS di wilayahmu? Mana daerah yang rawan? Apa tugasmu di TPS?” tanya panglima.

Menurut dia, pasukan wajib tahu mengenai pemetaan pemilu di daerahnya, mulai jumlah TPS hingga daerah yang rawan. Serta, wajib mengenal rekan kerja setiap TNI-Polri di wilayahnya. Selain itu, pasukan juga harus memahami netralitas dalam pelaksanaan pemilu. 

Peninjauan dilanjutkan ke pasukan Dirlantas Polda Jateng. Giliran kapolri menanyai salah satu polwan yang bertugas menggunakan kendaraan patroli. ”Ini beratnya berapa? Kamu bisa mengendarai tidak,” tanya kapolri. 

Tak kurang dari 3.300 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan dalam apel yang dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi didampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.  (ves/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia