Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo
Pemkot Terapkan Alarm Pintar

Kebakaran, Cukup Selfie atau Kirim Video

06 April 2019, 13: 34: 49 WIB | editor : Perdana

Kebakaran, Cukup Selfie atau Kirim Video

SOLO – Konektivitas alarm pintar (smart alarm) yang dikembangkan pemkot sudah memasuki masa uji coba akhir. Pada Mei mendatang, aplikasi yang disiapkan guna penanganan cepat kebencanaan itu bakal dipasang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Surakarta Gatot Sutanto mengatakan, tahap pertama pemasangan alarm pintar tersebut menyasar 20 titik di gedung strategis seperti pasar, bank, dan kantor. Alarm pintar itu akan terhubung dengan pusat pengendalian operasional (Pusdalops) DPK Pedaringan.

Alarm tersebut tidak hanya merespons kejadian kebakaran, melainkan tanggap bencana lain, atau tanggap darurat kesehatan.

“Selain gedung, sebagian alarm juga dipasang di rumah sakit. Sosialisasi kepada masyarakat telah dilakukan sejak tahun lalu. Termasuk karyawan instansi yang menjadi titik pemasangan. Mei selesai pemasangan, Juni sudah bisa digunakan,” kata Gatot, Jumat (5/4).

Sosialisasi juga diberikan kepada petugas Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta. Cara kerja alarm, lanjutnya, saat kebakaran, alarm di lokasi akan berbunyi. Begitu pula di mako induk. Petugas dapat cepat meluncur ke lokasi untuk padamkan api.

“Nanti juga ada aplikasi Android-nya yang bisa digunakan masyarakat. Laporannya tinggal klik ke aplikasi yang dilengkapi fitur kamera. Masyarakat bisa video call dan mengirim gambar. Kondisi panik biasanya tidak bisa ngomong, jadi langsung foto atau video,” imbuhnya. Ada pula fitur kirim koordinat, sehingga petugas bisa langsung ke lokasi. (irw/wa

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia