Rabu, 24 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Belanja Gratis Sehari di Pasar Jebres

10 April 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Perdana

TAMPUNG 390 PEDAGANG: Bangunan Pasar Jebres setelah direvitalisasi dengan anggaran lebih dari Rp 18 miliar.

TAMPUNG 390 PEDAGANG: Bangunan Pasar Jebres setelah direvitalisasi dengan anggaran lebih dari Rp 18 miliar. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pembangunan Pasar Jebres telah rampung. Pemkot akan meresmikan pasar tersebut besok, Kamis (11/4). Agar lebih meriah, digelar kirab boyongan dari pasar darurat ke pasar permanen.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Subagiyo mengatakan, peresmian akan dilakukan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. "Dimeriahkan juga pameran kuliner jajanan tradisional di bagian belakang pasar. Masyarakat juga bisa belanja gratis menggunakan voucher," katanya, Selasa (9/4).

Tiap voucher belanja bernilai Rp 20.000 diberikan kepada siapa saja yang hadir dalam kegiatan dan dapat dibelanjakan di seluruh kios Pasar Jebres. Pemkot menyediakan 600 lembar voucher dengan total nilai Rp 3 juta. "Silakan memilih makanan atau apa pun di Pasar Jebres pada hari itu," terang Subagiyo.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, pasar yang berlokasi di depan Stasiun Jebres itu sudah berdiri tegap. Revitalisasi pasar tersebut menelan anggaran Rp 18,5 miliar. Rinciannya, Rp 5 miliar dari APBD Surakarta, sisanya diambil dari pos bantuan Pemprov Jateng.

"Pasar Jebres sekarang nyaman. Lebih tertata, lebih bagus. Sekitar 390-an pedagang tertampung. Termasuk PKL di luar pasar bisa masuk," terangnya.

Terpisah, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, model bangunan Pasar Jebres dibuat selaras dengan Stasiun Jebres. Pasar yang berdiri di lahan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) itu akan menjadi pasar wisata.

"Kalau ada masyarakat luar kota yang datang ke Solo lewat Stasiun Jebres, bisa mampir beli oleh-oleh di Pasar Jebres. Mereka akan melihat pasar di Kota Solo bersih dan nyaman," ucap dia. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia