Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Video Dugaan Ketidaknetralan ASN, Camat Purwantoro Dilaporkan

10 April 2019, 18: 19: 52 WIB | editor : Perdana

Ketua Bawaslu tunjukan register perkara dugaan ketidaknetralan ASN

Ketua Bawaslu tunjukan register perkara dugaan ketidaknetralan ASN

Share this      

WONOGIRI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri akhirnya menindaklanjuti video dugaan ketidaknetralitan PNS atau aparatur sipil negara (ASN) di Kecamatan Purwantoro.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub mengatakan, pihaknya sudah melakukan investigasi terkait video adanya ASN yang mengarahkan pemilihan. Bahkan, Bawaslu juga telah melakukan pleno untuk menjadikan video itu sebagai temuan pidana pemilu. 

"Tapi, hari ini tadi (10/4) ada yang lapor. Jadi, yang kita register yang laporan atas nama Purwoko, warga Purwantoro. Terlapornya Camat Purwantoro Joko Susilo," kata Ali Mahbub Rabu (10/4).

Menurut Ali, laporan tersebut sudah memenuhi syarat formal dan meterial. Dengan alat bukti rekaman video dan saksi. 

"Besok (11/4), kita akan lakukan klarifikasi terhadap pelapor dan saksi. Tidak menutup kemungkinan klarifikasi terlapor," kata Ali. 

Terpisah, dimintai klarifikasi terkait laporan itu, Camat Purwantoro Joko Susilo mengatakan, ia akan kooperatif dengan Bawaslu. Selebihnya, dia akan mengikuti proses dari Bawaslu.

Diberitakan sebelumnya, video berdurasi 1 menit 15 detik beredar di grup-grup Whatsapp di Wonogiri. Dalam video terlihat sebuah acara yang digelar di aula pendapa wilayah Purwantoro. Ada suara dari seseorang yang berpakaian cokelat seragam ASN yang mengarahkan audiens untuk memilih capres, caleg DPR RI, dan DPD tertentu. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia