Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Solo Rampungkan Perbaikan 533 RTLH

13 April 2019, 15: 45: 51 WIB | editor : Perdana

PADAT PENDUDUK: Wali Kota Rudy saat tinjau RTLH di kawasan Panularan.

PADAT PENDUDUK: Wali Kota Rudy saat tinjau RTLH di kawasan Panularan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot terus menggeber program perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH). Sedikitnya 533 RTLH siap menjadi sasaran rehab pada tahun ini.

Kepala Seksi Pendataan dan Perencanaan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Surakarta Widi Hastuti mengatakan, sebanyak 533 keluarga penerima manfaat itu terdiri dari 169 unit dibiayai dana alokasi khusus (DAK) dan 206 unit dari APBD Kota Solo 2019. 

Sisanya, pemkot mengandalkan corporate social responsibility (CSR) dari Seruling Mas sebanyak dua unit, 13 unit dari Perusahaan Daerah (Perumda) Kota Solo, dan 43 unit dari Bank Jateng.

“Setiap unit mendapat bantuan senilai Rp17,5 juta. Di mana Rp15 juta-nya digunakan untuk membeli bahan atau material bangunan, dan Rp 2,5 juta untuk pekerja bangunan,” katanya, Jumat (12/4).

Kepala Disperum KKP Heru Sunardi menambahkan, sasaran perbaikan RTLH menyebar di puluhan kelurahan, di antaranya Jebres, Purwodiningratan, Sewu, Gandekan, dan Kedunglumbu.

Selain itu juga Mojosongo, Baluwarti, Panularan, dan Manahan. Pembiayaan dari APBD menyebar di 22 kelurahan. Seruling Mas di Kampung Baru, sedangkan CSR Bank Jateng belum disistribusikan. 

"Kami akan menyasar database yang sudah ada. Berdasarkan data per 2019, jumlah RTLH di Kota Bengawan mencapai 7.236 unit," ucapnya.

Heru mengatakan, nominal pembiayaan tahun ini naik Rp2,5 juta dibandingkan tahun lalu. Kucuran dana tersebut akan langsung masuk ke rekening penerima. Kemudian kelompok kerja (Pokja) RTLH tingkat kelurahan bakal menghubungkan penerima dengan penyedia material. 

"Penyedia material, misalnya toko A akan mengirimkan kebutuhan sesuai RAB (rencana anggaran biaya) yang telah disusun,” ucapnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia