Minggu, 21 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Cegah Kebakaran, Cek Kelistrikan Pertokan

14 April 2019, 12: 05: 59 WIB | editor : Perdana

PAKAI TEKNIK: Petugas Damkar Surakarta tunjukkan cara pemadaman api pada tabung gas.

PAKAI TEKNIK: Petugas Damkar Surakarta tunjukkan cara pemadaman api pada tabung gas.

SOLO - Setelah menemukan banyak hidran yang bermasalah, Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Surakarta mulai memetakan perbaikan dan pengecekan berkala. Kawasan Nonongan menjadi salah satu titik yang menjadi prioritas.

DPK berencana melakukan inspeksi ke pertokoan di kawasan Nonongan Jalan Yos Sudarso dalam waktu dekat. Inspeksi dilakukan untuk mengecek kondisi bangunan, kelistrikan, dan penempatan barang yang berpotensi menyebabkan musibah kebakaran.

Kepala DPKGatot Sutanto mengatakan, pada April 2014, kebakaran besar melanda pusat perbelanjaan alat tulis Putra Merdeka. Sedangkan pekan lalu toko aksesori Queen hampir terbakar akibat hubungan arus pendek listrik.

“Salah seorang pegawai toko mengetahui percikan api di lantai III di atas plafon. Mereka kemudian berupaya memadamkan api menggunakan APAR dan berhasil ditangani. Karena terjadi sore hari, masih ada pegawai sehingga ketahuan. Sementara kebakaran besar itu umumnya karena penanganan yang terlambat,” katanya, Sabtu (13/4).

Gatot mengatakan, kawasan pertokoan merupakan lingkungan yang padat, strategis, dan menjadi salah satu objek vital di Kota Bengawan. Sebab itu, pihaknya menyiapkan alarm pintar untuk dipasang di titik itu.

“Sosialisasi tentang bagaimana menyimpan barang yang benar juga digencarkan. Karena reaksi setiap bahan terhadap api berbeda. Ada yang mudah terbakar ada yang tidak, perlu penanganan masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengingatkan masyarakat ikut waspada dengan potensi kebakaran di sekitarnya. Selain itu, pengetahuan penanganan kebakaran ringan juga perlu dimiliki warga. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia