Minggu, 21 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Kebun Raya Indrokilo, Wisata Edukasi yang Punya Koleksi 2.323 Tanaman

14 April 2019, 14: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Kebun Raya Indrokilo, Wisata Edukasi yang Punya Koleksi 2.323 Tanaman

Hiruk pikuk perkotaan terkadang bisa membuat jenuh. Bagi anda yang berdomisili di Kabupaten Boyolali patut bersykur karena tak jauh dari Kota Boyolali ada tempat wisata gratis yang bisa menjernihkan pikiran. Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) namanya.

Tempat yang baru dikembangkan di Boyolali ini bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Selain dapat menenangkan, karena cukup jauh dari bisingnya suara kendaraan bermotor, wisatawan juga bisa mengabadikan foto terbaik. Wisata alam ini juga bisa sarana edukasi anak-anak mengenal tumbuh.

Kebun raya yang dibangun sejak tahun 2016 ini bisa dinikmati, meski masih tahap penyempurnaan. Namun secara umum fasilitas di sana sudah cukup banyak.

Ada berbagai macam pohon langka dari berbagai wilayah di Indonesia Timur. Saking banyaknya, tanaman yang ada digolongkan dalam beberapa tema. Seperti tanaman obat, tanaman rambat, tanaman buah, tanaman konservasi air.

Tanaman-tanaman  itu didapat dari hutan langsung. Mulai dari Kendal, Batang, Gunung Kidul hingga wilayah eks Karisidenan Surakarta. Untuk mendapatkan tanaman itu tidak mudah. Petugas KRIB harus menyusuri hutan untuk mencari tanaman-tanaman langka tersebut. Tak lupa sebelum masuk hutan tentunya izin dulu ke balai konservasi sumber daya alam (BKSDA).

Lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota dan pusat pemerintahan Boyolali membuat kebun raya ini ramai dikunjungi masyarakat saat liburan, akhir pekan bahkan sore hari.

Untuk menuju KRIB ini cukup mudah. Pengunjung dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Bahkan kendaraan umum banyak ditemui ke lokasi. Akses jalan khusus sudah dibuat pemerintah setempat. Yakni dekat jalur Mojosongo-Teras. Hal itu sangat memudahkan pengunjung yang dari arah Solo maupun Semarang.

Kebun raya seluas 9 hektar ini memang diperuntukkan untuk wahana pelestarian tumbuhan, penyedia ruang terbuka hijau, wisata dan sarana edukasi.

Saat ini sedang dikembangkan taman tematik seperti taman Anggrek, taman buah, taman rumpun Bambu. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Totok Eko YP mengatakan, kebun raya yang berlokasi di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo ini punya 2.323 koleksi tanaman konservasi dari tumbuhan dari dataran rendah khas Jawa bagian timur.

"Selain itu pengunjung juga bisa bersantai digazebo atau jalan-jalan menikmati air terjun buatan,” ujar Totok. (wid/adi) 

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia