Minggu, 25 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Features

Cat Lovers Solo, Komunitas Pecinta Kucing

Kucing Juga Butuh Quality Time

14 April 2019, 15: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Cat Lovers Solo, Komunitas Pecinta Kucing

Hobi memelihara hewan harus telaten. Seperti halnya memelihara kucing, perlu perawatan khusus agar bisa jadi hewan yang lucu. Cat Lovers Solo berbagi sedikit pengalamannya dalam memelihara kucing.

MEMELIHARA kucing juga perlu komitmen. Ibarat merawat anak, keberadaan kucing di rumah harus dianggap sebagai anggota keluarga. Artinya, owner wajib memperhatikan kondisi finansial sebelum memutuskan memelihara kucing. Setidaknya, sediakanlah anggaran khusus untuk si kucing.

"Pastikan ada budget sisa untuk memelihara kucing. Karena dari budget itu akan menentukan kesejahteraan kucing. Kucing bisa sangat terlihat lucu jika dia terawat dengan baik. Kucing juga bisa menjadi binatang menyeramkan kalau tidak terawat. Itu tergantung owner-nya," beber salah seorang member Cat Lovers Solo, Firman kepada Jawa Pos Radar Solo.

Ia menyebut ada tiga syarat utama yang wajib dipenuhi seseorang sebelum memelihara kucing. Pertama, soal budget pemeliharaan kucing. Kedua, tempat tinggal untuk kucing. Dan ketiga, waktu luang untuk merawat kucing. Ketiganya harus dipenuhi seluruhnya tanpa terkecuali.

"Kalau ada budget tapi tidak punya waktu untuk mengurus, ya sama saja bohong. Ada waktu tapi tidak punya budget, sulit juga. Ada waktu dan budget, tapi tidak punya tempat, juga kasihan kucingnya," jelasnya.

Komitmen ini penting bagi calon owner. Menurut Firman, masih banyak orang yang ingin memelihara kucing hanya sekadar lucu-lucuan saja. Lebih dari itu, memelihara kucing juga bisa menjadi sebuah hobi. Bahkan, jadi hobi yang mahal. Maka tidak heran, pehobi kucing adalah mereka yang merupakan kalangan menengah ke atas.

"Mahal perawatannya. Kalau kucingnya tidak seberapa mahal. Perawatan itu tidak hanya untuk kucing ras. Kucing domestik juga sama mahalnya," sambungnya.

Firman merinci biaya perawatan kucing dewasa. Makanan untuk dua minggu sebanyak satu kilogram sekitar Rp 25 ribu-180 ribu, tergantung merk. Obat cacing dua bulan sekali sebesar Rp 20 ribu-40 ribu. Grooming seminggu sekali sekitar Rp 50-90 ribu jika pergi ke salon, atau jika grooming di rumah menggunakan sampo seharga mulai Rp 30 ribu sampai ratusan ribu. Vaksin setahun sekali seharga Rp 120 ribu-170 ribu.

"Kalau kucing ras ditambah vitamin bulu seharga Rp 80 ribu-500 ribu. Sampo juga tidak cuma satu, minimal tiga sampo. Penghilang minyak, sampo, dan conditioner. Ini khusus kucing bulu long hair," jelasnya.

Perawatan kucing rumahan dengan kucing kontes pun berbeda. Rincian biaya yang disebutkan Firman tersebut untuk kucing rumahan saja.

"Kucing kontes lebih mahal lagi," pungkasnya. (aya/adi)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia