Minggu, 21 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Asperindo Himbau Jasa Pengiriman Antisipasi Lonjakan Barang

15 April 2019, 21: 18: 31 WIB | editor : Perdana

Asperindo Himbau Jasa Pengiriman Antisipasi Lonjakan Barang

SOLO – Jelang bulan puasa Ramadan dan Lebaran, tingkat pengiriman barang dipastikan meningkat. Mengantisipasinya, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) berniat menambah armada. Seperti diungkapkan Ketua Asperindo Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Surakarta Titis Pramu Sadewa.

Titis menyebut akan ada penambahan jumlah armada. Baik bersifat terusan maupun antarkota. Di masing-masing perusahaan jasa pengiriman, sudah diimbau mempersiapkan lebih dini. Terlebih ketika Lebaran, akan menghadapi kendala terbatasnya armada, khususnya darat.

”Kerja sama dengan berbagai pihak terus dilakukan. Baik itu kereta api, udara, dan laut. Ini sudah menjadi giat tahunan. Tentunya setiap perusahaan jasa pengiriman sudah memiliki strategi masing-masing agar pengiriman barang tetap lancar. Meski volume meningkat,” kata Titis kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (14/4). 

Berkaca tahun sebelumnya, Titis menambahkan, kenaikan volume pengiriman barang jelang Lebaran mencapai 100-300 persen. Baik dari atau menuju Solo. Tak hanya pengiriman, tingkat kedatangan barang juga tinggi. Barang online shop paling dalam pengirimannya. Karena banyak orang berbelanja melalui online shop untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. 

Sebelumnya, Wakil Kepala Kantor Pos Besar Gladak Surakarta Zaenal Alamsyah menyebut pihaknya sudah menyiapkan armada pengiriman. Berupa 48 unit sepeda motor dan 4 unit mobil. Mengenai kenaikan volume pengiriman barang jelang Lebaran, mencapai 40 persen dari hari biasa. Volumenya antara 1,5-2 ton per hari.

”Sebagai upaya meningkatkan pelayanan, kami juga jemput bola. Terutama yang melakukan pengiriman dalam skala besar. Namun untuk penambahan jumlah armada, masih menunggu instruksi pusat. Kami juga memanfaatkan agen kantor pos yang ada di daerah,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia