Sabtu, 20 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Camat Purwantoro Akui Video yang Arahkan Memilih

15 April 2019, 21: 21: 01 WIB | editor : Perdana

Camat Purwantoro Joko Susilo (seragam PNS cokelat) saat memberi klarifikasi Bawaslu

Camat Purwantoro Joko Susilo (seragam PNS cokelat) saat memberi klarifikasi Bawaslu

Share this      

WONOGIRI - Camat Purwantoro Joko Susilo mengakui video dugaan pelanggaran  netralitas aparatur sipil negara (ASN) itu adalah dirinya. Joko telah memberikan klarifikasi di kantor Bawaslu hari ini (15/4).

Joko mengakui bahwa sosok dalam video yang beredar dan terkesan mengajak perangkat desa untuk memilih presiden nomor urut 01, anggota DPR RI, dan DPD tertentu itu adalah dirinya.

Namun secara keseluruhan, isi dari sambutannya dalam acara sarasehan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Purwantoro itu bukan kampanye. Melainkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

”Secara umum tadi ditanya mengenai isi kegiatan itu. Videonya benar saya akui, tapi kan hanya satu potong. Jadi, perlu dijelaskan lagi tentang isi seluruh sambutan saya dalam acara itu,” kata Joko kepada wartawan.

Joko mengungkapkan detail isi sambutannya. Di awal, ia memberi ucapan selamat atas terbentuknya kepengurusan PPDI yang baru. Kemudian terkait pemilu, ia menegaskan, perangkat desa harus tahu bahwa itu tanggung jawab bersama. Ia juga memberi sosialisasi pelaksanaan pemilu, mulai parpol peserta, caleg-caleg, serta calon presiden dan calon wakil presiden. 

”Saya sampaikan untuk disosialisasikan, diperkenalkan kepada masyarakat. Terkait kecenderungan itu (pengarahan memilih, Red), sebenarnya hanya inisiatif saya. Supaya bisa dipahami perangkat desa. Tapi di akhir sambutan, saya serahkan kembali kepada hati nurani para perangkat desa," papar Joko. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia