Minggu, 21 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Soal Video Camat ‘Titipan Bupati,’ Bawaslu Tak Minta Klarifikasi Jekek

15 April 2019, 21: 57: 33 WIB | editor : Perdana

Camat Purwantoro Joko Susilo (seragam PNS cokelat) saat memberi klarifikasi Bawaslu

Camat Purwantoro Joko Susilo (seragam PNS cokelat) saat memberi klarifikasi Bawaslu

WONOGIRI – Bupati Wonogiri Joko Sutopo “Jekek” tak akan dimintai klarifikasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri. Itu meski namanya disebut oleh Camat Purwantoro Joko Susilo dalam video dugaan pelanggaran netralitas PNS atau ASN.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub mengatakan, klarifikasi terhadap Joko Susilo yang diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN telah dilakukan hari ini (15/4). Awalnya ada 20 pertanyaan yang kemudian berkembang menjadi lebih. 

”Video betul diakui, tapi yang tidak diakui itu kata-kata ‘titipan bupati.’ Itu dari keterangan camat adalah inisiatifnya sendiri. Biar mudah diterima oleh perangkat. Kata camat, bupati tidak pernah mengarahkan,” jelas Ali.

Lebih lanjut diungkapkan Ali, pemeriksaan dugaan pelanggaran netralitas ASN sudah selesai. Setidaknya, sembilan orang, baik saksi, pelapor, dan terlapor sudah dimintai klarifikasi. ”Sementara itu dulu, menunggu masukan dari Gakkumdu. Kalau perlu tambah saksi, ya kita tambah,” ujar Ali.

Dari keterangan camat itu, maka Bawaslu tidak perlu meminta klarifikasi Bupati Wonogiri Joko Sutopo “Jekek.” Pasalnya, Bawaslu hanya mengkroscek kebenaran video itu dulu dan keterangan saksi-saksi.

Diberitakan sebelumnya, Joko Susilo dilaporkan ke Bawaslu lantaran saat memberi sambutan pada sarasehan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Purwantoro, dia memberi arahan untuk memilih calon presiden, calon anggoota DPR, dan DPD tertentu. Potongan sambutan itu kemudian divideo oleh salah seorang peserta sarasehan, lantas menjadi viral.

Joko mengakui jika orang dalam video itu adalah dia. Namun, dia menegaskan, isi sambutannya secara utuh bukanlah kampanye. Melainkan sosialisasi secara umum tentang pelaksanaan pemilu kepada perangkat desa. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia