Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Warga Lereng Merapi Mencoblos dengan Waswas

17 April 2019, 20: 43: 58 WIB | editor : Perdana

warga di lereng Gunung Merapi tetap antusias mengikuti pemilu dengan datang ke TPS

warga di lereng Gunung Merapi tetap antusias mengikuti pemilu dengan datang ke TPS

BOYOLALI - Ratusan warga di Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo menggunakan hak pilihnya dengan waswas. Sebab, mereka mencoblos di TPS 09 saat Gunung Merapi masih dalam status waspada. 

Sedikitnya, ada 283 daftar pemilih tetap (DPT) di dukuh tertinggi di lereng Merapi yang mencoblos. Dukuh ini  hanya berjarak 3,5 dari puncak Gunung Merapi. Warga pun dirundung gelisah. Sebab, Merapi terus mengeluarkan awan panas ke arah Kali Gendol, Kabupaten Sleman.

Meski demikian, warga tetap antusias datang ke TPS. Mereka rela berdesakan agar bisa menggunakan hak pilihnya lebih dini. Beruntung, panitia sigap dan mengingatkan warga agar tetap tertib dan menunggu antrean.

Wagiman salah seorang warga mengaku, ia tetap datang ke TPS untuk mencoblos. Apalagi, petugas dan perangkat desa sudah mengingatkan warga yang memiliki hak pilih agar datang ke TPS untuk mencoblos pada pemilu serentak.

“Iya, tadi sudah ikut mencoblos,” katanya seraya menunjukkan jarinya yang ada tanda bekas tinta.

Maryanto, ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 09 menyambut gembira atas antusiasme warga datang ke TPS. Meski ada keterbatasan sumber daya manusia (SDM), namun tidak mengganggu kelancaran agenda demokrasi lima tahunan tersebut.

Diakui Maryanto, saat ini kondisi Merapi masih status waspada. Hal itu juga turut memengaruhi kondisi masyarakat. ”Namun, warga masih mau menyempatkan diri datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja, aktivitas Gunung Merapi terpantau kamera CCTV pada Rabu (17/4) pukul 11.30. Di mana terjadi guguran awan panas dengan jarak luncur 1.450 meter kea rah hulu Kali Gendol. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia