Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Pelaku Usaha Berharap Ekonomi Makin Bergeliat

18 April 2019, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Pelaku Usaha Berharap Ekonomi Makin Bergeliat

PEMILU serentak sudah selesai. Harapan pascapesta demokrasi lima tahunan ini, paslon presiden dan wakil presiden terpilih bisa lebih pro kepada masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Ketua Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Surakarta Rony Prasetyo mengatakan, siapa pun presiden terpilih bisa lebih peduli kepada ekonomi masyarakat. Kegiatan pemerintahan baik daerah maupun pusat bisa menyasar langsung kepada pelaku UMKM. 

“Misalnya pelatihan-pelatihan yang diadakan harus tepat sasaran dan tepat guna bagi pelaku usaha. Sebaiknya dengan riset data agar kegiatan tersebut bisa bermanfaat langsung bagi pelaku usaha,” ujarnya, kemarin (17/4).

Ditambahkan Rony, sejauh ini kehadiran pemerintah kepada pelaku UMKM sudah positif, meski belum maksimal. Sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkan bagi presiden dan wakil presiden terpilih. Selain itu adanya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan sedikit kemudahan bagi pelaku UMKM terkait perizinan, sertifikasi skill, produk halal, maupun sertifikiasi MUI. Selain itu, pemerintah yang baru juga mampu menggempur produk-produk asing yang banyak masuk ke Indonesia, sehingga porsi produk lokal masih sangat minim. 

Sementara itu, Humas Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo Sistho A Srestho mengatakan hal serupa. Banyak yang diharapkan bagi presiden dan wakil presiden terpilih. Bagi siapapun yang menang harus tetap bisa menjaga situasi dan kondisi masyarakat, khususnya politik, budaya, keamanan, dan ekonomi. Pasalnya bisnis hotel tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dari stakeholder terkait, salah satunya pemerintah. 

“Saya berharap mudah-mudahan tetap memberikan prioritas terhadap Solo dan sekitarnya untuk tetap diangkat perekonomiannya. Dan tentunya siapapun yang terpilih harus tetap bersatu,” ujarnya.

Sistho mengatakan, sejauh ini peran pemerintah sudah berjalan dengan baik. Beberapa keputusan yang pernah kontra terjadi, khususnya bagi pihak perhotelan juga sudah dihapus. Infrastruktur yang terbangun juga secara langsung berdampak pada hotel apalagi tingkat umrah di Solo dan sekitarnya juga tinggi. Dibandingkan tahun sebelumnya, periode selanjutnya harus lebih baik lagi. 

Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Ahmad Romdhon juga mengapresiasi pemilu kali ini tidak menimbulkan kegaduhan, meski selama masa kampanye sempat memanas. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Kota Solo cukup dewasa menghadapi situasi politik yang terjadi.

“Ini juga berkat kinerja aparat yang patut diapresiasi karena berhasil meminimalisasi kemungkinan buruk yang akan terjadi. Meski secara historis, Solo dan Jateng menjadi lumbung suara paslon 01,” ujarnya. (gis/aya/bun)

(rs/gis/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia