Senin, 18 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Waduh, 329 Napi di Sragen Tak Bisa Nyoblos

18 April 2019, 06: 05: 59 WIB | editor : Perdana

Waduh, 329 Napi di Sragen Tak Bisa Nyoblos

SRAGEN - Sebagian besar warga binaan atau narapidana (napi) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen tidak bisa menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu serentak kemarin (17/4). Bahkan, dari 510 warga binaan, hanya 181 yang memiliki hak suara.

Kasi Pembinaan Anak Didik dan Narapidana Lapas Sragen Agung Hascahyo mengatakan mengatakan, proses pemungutan dan penghitungan suara di lapas kemarin berlangsung lancar. Sebagian besar warga binaan yang memiliki hak pilih mencoblos di dua tempat pemungutan suara (TPS). Yakni TPS 49 dan 50 yang berada di dalam lapas. 

”Padahal, secara syarat usia, 510 warga binaan tersebut memenuhi. Namun, DPT (daftar pemilih tetap) lapas hanya delapan orang, sedangkan DPT tambahan (DPTb) 173 orang. Sehingga hanya 181 yang mendapat hak pilih. Dari jumlah itu, partisipasi pemilih153 orang,” terang Agung Rabu

Agung menduga, minimnya jumlah DPTb karena rata-rata para napi bermasalah pada nomor induk kependudukan (NIK). ”Banyak yang tidak masuk. Setelah kita klarifikasi ke KPU, karena memang NIK-nya rata-rata bermasalah,” pungkas dia. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia