Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kesulitan Nyoblos, Lansia Sambat Bupati

18 April 2019, 10: 05: 59 WIB | editor : Perdana

GUNAKAN HAK SUARA: Bupati Joko Sutopo bersama istri mencoblos di TPS 13 Dusun Mantenan, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri. Foto kanan, Bupati Wardoyo Wijaya dan istri nyoblos di TPS 003 Gayam, Kecamatan Sukoharjo.

GUNAKAN HAK SUARA: Bupati Joko Sutopo bersama istri mencoblos di TPS 13 Dusun Mantenan, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri. Foto kanan, Bupati Wardoyo Wijaya dan istri nyoblos di TPS 003 Gayam, Kecamatan Sukoharjo. (IWAN KAWUL/RYANTONO P.S/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Bupati Sukoharjo Wardoyo tak ketinggalan menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS). Menariknya, Joko Sutopo sempat mendapat keluhan dari sejumlah lanjut usia yang kesulitan membuka dan melipat surat suara.

Joko Sutopo didampingi istrinya Verawati tiba di TPS 13, Dusun Mantenan, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri sekitar pukul 08.15. Namun, bupati tidak langsung nyoblos. Dia berbincang dengan unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan (forkompimcam) dan warga.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, Joko Sutopo baru nyoblos sekitar pukul 09.00 dan berada di bilik suara selama lima menit. "Ini kasihan yang lansia (lanjut usia, Red). Saya yang muda saja butuh waktu sekitar lima sampai tujuh menit untuk mencoblos," katanya usai memberikan hak suaranya.

Menurut Joko Sutopo, ke depan harus ada evaluasi bersama untuk menghadirkan proses pemilihan yang lebih sederhana dan simpel. Itu untuk meminimalkan tingkat kesalahan.

"Dari pemilih-pemilih sepuh yang sudah menyalurkan hak pilihnya pada sambat bingung. Artinya apa? Ada niatan dari para lansia ini menyalurkan pilihan sesuai hati nuraninya. Tapi, setelah dihadapkan pada lima surat suara, lansia kesulitan," papar dia.

Untuk hasil pemungutan suara di TPS Joko Sutopo, capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan 155 suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengantongi empat suara.

Terpisah, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bersama istri Etik Suryani mencoblos di TPS 003 Gayam, Kecamatan Sukoharjo. Usai nyoblos, dia meninjau sejumlah TPS bersama unsur forkompimda.

Hasil pantauan Wardoyo, pemilu di Kota Makmur berlangsung aman dan lancar. “Antusias masyarakat datang ke TPS juga tinggi,” jelasnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi yang ikut dalam rombongan bupati mengatakan, tidak ada batas waktu penarikan personel pengamanan pemilu. ”Kita masih pantau aman,” kata dia.

Ketua KPPS TPS 003 Gayam Jalal menjelaskan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 297 orang. Dari jumlah tersebut, yang datang ke TPS sebanyak 251 orang. Partisipasi pemilih lebih dari 85 persen. “Warga yang tidak menggunakan hak pilihnya rata-rata perantau sehingga tidak ikut mencoblos,” ucapnya.

Perolehan suara Joko Widodo-Ma’ruf Amin di TPS Wardoyo sebanyak 194 suara, sedangkan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno 54 suara. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia