Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Momen Pemilu, Penerbangan, KA, dan Hotel Panen

19 April 2019, 11: 05: 59 WIB | editor : Perdana

PULANG KAMPUNG: Petugas Bandara Adi Soemarmo Solo di landasan pacu saat pesawat hendak landing belum lama ini. Kedatangan penumpang di bandara meningkat saat pemilu.

PULANG KAMPUNG: Petugas Bandara Adi Soemarmo Solo di landasan pacu saat pesawat hendak landing belum lama ini. Kedatangan penumpang di bandara meningkat saat pemilu. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

MOMENTUM pemilu yang berlangsung 17 April kemarin dimanfaatkan masyarakat untuk memberikan hak suaranya. Tingkat partisipasi pemilih yang meningkat menimbulkan efek domino. Khususnya bagi sektor penerbangan, kereta api (KA), dan perhotelan. Apalagi akhir pekan ini masuk masa long weekend.

Kepala Stasiun Solo Balapan Suharyanto mengaku arus penumpang KA pada H-1 pemilu atau Selasa (16/4) didominasi kedatangan. Sedangkan arus keberangkatan dari stasiun diprediksi pada Minggu (21/4). Kedatangan penumpang meningkat sekitar 40 persen.

”Tiket KA rute Jakarta-Solo periode 16-21 April nyaris habis terjual. Tingginya permintaan karena momentum pemilu dan libur Paskah pada 19 April. Bahkan pada tanggal itu, tiket KA rute tertentu via Solo juga habis terjual,” terang Suharyanto kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (18/4).

Humas Bandara Adi Soemarmo Danar Dewi menambahkan, kedatangan penumpang hingga Senin (15/4) masih stabil. Bahkan H-1 pemilu, terlihat peningkatan. ”Untuk rata-rata penumpang per hari ada sekitar 1.500 orang di Bandara Adi Soemarmo,” paparnya.

Sementara itu, sektor perhotelan perhotelan panen pada pemilu dan long weekend ini. Okupansi pada tercatat meningkat dibanding hari biasanya. Publik Releation Manager Lorin Solo Hotel Dhani Wulandari menyatakan okupansi meningkat 61 persen pada 19 April. Atau sejumlah 220 kamar sudah terisi dari total 359. Mayoritas tamu yang menginap untuk berlibur.

”Kemudian di 20 April okupansi ada di angka 45 persen dan di 21 April paling rendah. Karena kebanyakan sudah pada check out. Seninnya sudah kembali beraktivitas. Selain animo pemilu, banyak keluarga yang ingin merayakan Paskah di Kota Solo,” terang Dhani.

Assistant Public Relation and Event Marketing Manager Hotel Alila Solo Tesa Pujiastuti mencatat okupansi long weekend sebesar 81 persen. Mulai dari 19-21 April. Berbagai event diadakan, seperti acara-acara easter dan menu FnB bernuansa Paskah. 

Di Syariah Hotel Solo selama long weekend mencatat okupansi sebanyak 71 persen atau 239 kamar. Kebanyakan tamu yang datang berniat liburan ke Kota Solo. ”Dengan adanya long weekend ini tentu banyak tamu yang datang. Apalagi ada kabar kalau banyak yang mudik untuk mencoblos di kampung halaman. Selain itu juga bisa menjadi branding kami untuk memperkenalkan program hotel,” tandas Public Relations Syariah Hotel Solo Adil Erdita Ayu Marta. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia