Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Izin HO Menara akan Dihapus

19 April 2019, 14: 25: 59 WIB | editor : Perdana

DITERTIBKAN: Petugas Satpol PP menunjukkan tower menara telekomunikasi yang disegel karena belum berizin.

DITERTIBKAN: Petugas Satpol PP menunjukkan tower menara telekomunikasi yang disegel karena belum berizin. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Rencana Pemerintah Kabupaten Karanganyar menghapus izin gangguan atau izin HO, terhadap pendirian menara telokokmunikasi, mulai disosialisaikan ke masyarakat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar, Ardiansyah mengungkapkan, pihaknya masih mendata jumlah menara telekomunikasi di Karanganyar. Hal itu untuk mengetahui apakah menara- menara tersebut bakal dilakukan perpanjangan atau izin baru.

“Jumlahnya belum tahu pastinya. Selain mendata jumlahnya, kami juga intens sosialisasi rencana penghapusan izin HO dalam pendirian maupun perpanjangan menara,” terangnya.

Ditambahkan, rencana tersebut tertuang dalam perubahan peraturan daerah (Perda) Nomer 12 tahun 2013. Isinya pengembang bisa berkordinasi dengan pemilik lahan saat akan mendirikan atau memperpanjang izin menara.

Selain itu, pengembang juga diwajibkan memberikan CSR (corporate social responsibility,Red), atau tanggung jawab social ke masyarakat sekitar. Dengan catatan warga harus mengajukan proposal kegiatan.

“Aturan yang baru memang begitu, hanya dengan pemilik lahan saja. Kemudian untuk warga yang terdampak rebahan nantinya diharapkan untuk dapat mengajukan proposal untuk program CSR-nya,” terang Aan, sapaan Ardiansyah.

Sementara itu untuk proses perpanjangan, lanjut Aan, pengembang hanya mengurusi izin untuk sewa lahan kepada pemilik lahan. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia