Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

PDIP Jawara, PKS Runner Up, PSI Diprediksi Sabet Satu Kursi

20 April 2019, 12: 37: 06 WIB | editor : Perdana

PDIP Jawara, PKS Runner Up, PSI Diprediksi Sabet Satu Kursi

SOLO - Proses penghitungan suara berjenjang masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta, namun partai politik (parpol) di Kota Solo sudah mulai menghitung komposisi perolehan kursi. 

Setelah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo mengklaim bakal meraih 29 kursi di DPRD Kota Surakarta, kali ini giliran DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surakarta membeberkan hasil real count berbasis data C1. Hasilnya, partai berlambang padi dan bulan sabit ini meraih 35.218 suara atau naik 80,03 persen dari Pemilu 2014, di mana saat itu partai ini hanya mendapat 19.562 suara. Meski mendapat lonjakan suara cukup besar, namun dari komposisi kursi tidak ada perubahan.

Ketua DPD PKS Kota Surakarta Abdul Ghofar Ismail mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, tim internal telah melakukan penghitungan suara. Hasilnya, PKS finish di urutan kedua di bawah PDIP. Kemudian disusul PAN, Partai Golkar, Partai Gerindra dan PSI

“Secara rangking sama dengan 2014, yaitu di dua besar. Tapi angkanya naik cukup signifikan,” kata dia di kantor DPD PKS Solo, Jumat (19/4).

Dari angka tersebut, pihaknya memastikan pada pemilu kali ini pihaknya mendapat lima kursi. Rinciannya, setiap daerah pemilihan (dapil) mendapat satu kursi.

Dapil 1 Pasar Kliwon-Serengan, PKS mendapat 8.153 suara, Dapil 2 Laweyan berhasil meraih 8.734 suara. Sedangkan untuk Dapil 3 Banjarsari A memperoleh 7.211 suara, dan Dapil 4 Banjarsari B berhak mendapat 5.284 suara. Terakhir  Dapil 5 Jebres, PKS memperoleh 5.772 suara. 

Ghofar mengatakan, capaian tersebut sesuai dengan amanat musyawarah daerah (musda) agar PKS bertahan di dua besar. Sejauh ini suara yang masuk dari tempat pemungutan suara (TPS) telah mencapai 94,63 persen. Karena itu, pihaknya cukup akan dapat lima kursi.

“Ini karena ada beberapa data C1 masih kurang. Saksi kami tidak mendapat C1. Jadi belum bisa sampai 100 persen,” katanya.

Untuk nama-nama wakil PKS yang diperkirakan lolos ke DPRD Solo masih didominasi muka-muka lama. Yakni, Ghofar Ismail dari dapil 1, Asih Sunjoto Putro dari dapil 3, Muhadi Syahroni dari dapil 4 dan dapil 2 diisi pendatang baru Didik Hermawan.

Berbeda dengan PKS, DPC Partai Gerindra Solo hingga kemarin belum menyelesaikan pengumpulan data dari para saksi. “Kendala yang kami hadapi ada beberapa TPS tidak ada saksi. Kami tidak tahu, awalnya sudah penuh semua. Tapi ternyata pada hari H, ada kekosongan saksi di dua TPS itu. Akhirnya kami mendapat backup dari teman-teman partai koalisi. Hasilnya di-cover PKS,” tutur Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno. 

Sementara itu, meski sebelumnya PDIP sudah berani mengklaim ada penambahan kursi di DPRD Surakarta. Di mana pada pemilu kali ini diperkirakan akan meraih 29 kursi, namun untuk detil perolehan kursi mereka belum berani membeberkan ke publik. “Kalau dilihat bisa sampai 60 persen lebih. Tapi kami belum bisa membeberkan ke publik,” ujar Sekretaris DPC PDIP Kota Surakarta Teguh Prakosa. (ves/irw/bun)

(rs/ves/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia