Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Tiga Partai Klaim Duduki 5 Kursi Dewan

20 April 2019, 17: 35: 20 WIB | editor : Perdana

LEMBUR: Petugas KPU Wonogiri melakukan entri data hasil Pemilu 2019.

LEMBUR: Petugas KPU Wonogiri melakukan entri data hasil Pemilu 2019. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Golkar Sukoharjo mengklaim perolehan kursi hasil Pemilu 2019 di DPRD Sukoharjo meningkat. Itu berdasarkan penghitungan surat suara di internal partai.

Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sukoharjo dari PKS Samrodin mengatakan, suara PKS meningkat dibanding Pemilu 2014. Dia yakin partainya menduduki lima kursi dewan.

“Setiap dapil (daerah pemilihan, Red) di Sukoharjo ada satu perwakilan dari PKS. Perolehan suara dari PKS cukup bagus untuk pemilu tahun ini,” katanya kemarin (19/4).

Ketua DPD PAN Sukoharjo Sunoto juga optimistis mendapatkan lima kursi di dewan karena setiap dapil ada perwakilan caleg PAN.

Serupa diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Sukoharjo Giyarto. ”Kita yakin bisa mempertahankan posisi di DPRD. Prediksi kami (dapat, Red) lima kursi,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sukoharjo Wawan Pribadi menyatakan masih melakukan penghitungan hasil suara.  Kita harus berdasarkan data,” ujarnya singkat.

Di Kabupaten Wonogiri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat masuk melakukan scan formulir C1 dan entri data perolehan suara. Ditargetkan kegiatan tersebut selesai sekitar lima hari ke depan. 

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi menuturkan, pihaknya telah menerima seluruh formulir C dan C1 dari 25 panitia pemilihan kecamatan (PPK). 

Hingga kemarin pukul 17.00, sudah sembilan persen data C1  yang masuk KPU Wonogiri. Hanya saja, Toto enggan membeberkan data perolehan suara capres-cawapres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

"Kami tidak berani (berikan data, Red), karena baru sembilan persen. Maunya kita juga cepat, supaya masyarakat tahu informasinya," jelasnya. 

Untuk melakukan entri data, KPU Wonogiri melibatkan sejumlah petugas yang dibagi dalam dua sif siang dan malam, serta mengoperasikan delapan unit komputer. "Kami targetnya empat sampai lima hari entri data selesai. Semoga tidak ada kendala,” harapnya. 

Sementara itu, sejumlah partai belum membeberkan hasil penghitungan suara secara internal. Pantauan Jawa Pos Radar Solo, tidak ada aktivitas berarti di kantor DPC maupun DPD partai. 

Ketua DPD Golkar Wonogiri Bondan Sejiwan, Ketua DPD PAN Wonogiri Sunarmin, Ketua DPD PKS Wonogiri Ngadiyono belum merespons saat dihubungi Jawa Pos Radar Solo.

Sedangkan Ketua DPC PDI Perjuangan Joko Sutopo hanya mengatakan atas nama DPC PDI Perjuangan dan keluarga besar partai mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Wonogiri, dan elemen lainnya karena telah ikut menyukseskan pemilu.

"Kalau sudah estimasi perolehan suara, tentu bicara by name. Yang kami tidak sampai hati menyampaikan tentu kalau sudah by name lalu ada internal kami yang tidak terakomodir, kami menjaga itu," terang dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia