Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Simpang Lima Bersolek, Gedung Pengadilan Agama Direlokasi

20 April 2019, 17: 55: 14 WIB | editor : Perdana

PENATAAN: Proses pembangunan Kantor Pengadilan Agama Boyolali, menempati lahan bekas Kantor Kecamatan Mojosongo di tepi Jalan Solo-Semarang, kemarin (19/4).

PENATAAN: Proses pembangunan Kantor Pengadilan Agama Boyolali, menempati lahan bekas Kantor Kecamatan Mojosongo di tepi Jalan Solo-Semarang, kemarin (19/4). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali terus mempercantik diri. Terutaman di jantung kota Boyolali, tepatnya Kawasan Simpang Lima. Rencananya, Kantor Pengadilan Agama (PA) Boyolali bakal direlokasi. Dipindah ke Jalan Solo-Semarang, Kampung Pomah, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo. Menempati lahan bekas Kantor Kecamatan Mojosongo.

Proses pembangunan gedung baru sudah dimulai sejak 8 April. Berdasakan data di papan informasi, akan dibangun Kantor Bela Negara. Pembangunan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanjar Daerah (APBD) Boyolali 2019. Sebesar Rp 5,3 miliar.

Proyek yang dilaksanakan PT Gumilar Artha Sejahtera itu dibangun dalam satu tahap. Ditargetkan rampung pada 3 November mendatang. Atau selama 210 hari kalender. Bangunan seluas 30 x 30 meter persegi ini memiliki dua lantai.

Bupati Boyolali Seno Samodro mengaku penataan kawasan kota terus dilakukan. Salah satunya pemindahan Gedung PA Boyolali ke bekas Kantor Kecamatan Mojosongo. ”Kalau sudah jadi nanti akan digunakan untuk Pengadilan Agama,” terang Seno kepada Jawa Pos Radar Solo.

Proses relokasi Kantor PA Boyolali dilakukan lewat hibah. Seperti halnya Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), beberapa waktu lalu. Sehingga tak menutup kemungkinan saling hibah ini bisa kembali dilakukan dengan Mahkamah Agung (MA) yang membawahi PA Boyolali.

Mengenai bangunan Kantor PA Boyolali yang merupakan benda cagar budaya (BCB), bupati mengaku tidak ada masalah. Sebab bangunan yang masuk BCB di Kantor PA Boyolali hanya sebagian saja. Tepatnya ruang sidang. 

Ada kemungkinan, bagian depan bakal dilakukan pembongkaran. Rencananya, bekas Kantor PA Boyolali bakal dijadikan taman parkir. ”Pilar bagian depan ini modern,” terang Seno. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia