Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

727 Ustad Terima Bantuan Insentif

20 April 2019, 18: 00: 51 WIB | editor : Perdana

SIMBOLIS: Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen memberi bantuan insentif di Ponpes Al Manshur Popongan.

SIMBOLIS: Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen memberi bantuan insentif di Ponpes Al Manshur Popongan. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN – Sebanyak 727 ustad di Kabupaten Klaten mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Diwujudkan lewat pemberian bantuan insentif bagi pengajar TPQ, madin, dan pondok pesantren. Secara simbolis bantuan diberikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Pondok Pesantren Al Manshur, Dusun Popongan, Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Senin (15/4). 

Per bulan, ustad menerima Rp 100 ribu. Diberikan langsung per tiga bulan sekali. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah (Kanwil) Kementeria Agama Provinsi Jawa Tengah Nur Abadi mengatakan, pemprov telah mengalokasikan dana cukup besar. Untuk insentif guru agama. Total anggaran yang disiapkan tahun ini mencapai Rp 205 miliar.

”Anggaran tersebut untuk 1.71.131 guru agama. Baik ustad di madin, pondok pesantren, atau TPQ. Sedangkan di Klaten terdapat 727 ustad-uztadzah. Jumlah ini termasuk kecil di Jawa Tengah,” kata Nur Abadi.

Taj Yasin menambahkan, pemprov terus berupaya memajukan lembaga pendidikan keagamaan. Termasuk membantu meningkatkan kesejahteraan para pengajar. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

”Saat kami melakukan pembahasan misi dan visi untuk pemerintahan Jawa Tengah, saya diajak diskusi Pak Ganjar. Karena saya dari latar belakang pondok pesantren. Ingin memberikan perhatian kepada ponpes di Jawa Tengah. Saat itu memang ingin meningkatkan kualitas SDM, salah satunya di lembaga pendidikan agama,” ucapnya.

Rendy Yanuar, 32, ustad Pondok Pesantren Nurud Dholam mengaku baru kali ini mendapatkan insentif. ”Sebelumnya tidak ada sama sekali. Saya merasa terbantu sekali,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia