Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Kursi Golkar Susut, PKS Masih Optimistis

20 April 2019, 18: 04: 10 WIB | editor : Perdana

Kursi Golkar Susut, PKS Masih Optimistis

BOYOLALI – Hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali belum final. Khusus pemilihan legislatif (pileg), kursi untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan bertambah. Praktis, mereduksi kursi milik parpol rival. 

Golkar misalnya. Dari hasil penghitungan internal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Boyolali, hanya kebagian jatah 3 kursi DPRD. Menyusut separo dari perolehan dari periode sebelumnya yang menyabet 6 kursi.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Golkar Boyolali Agus Ali Rosidi mengaku hasil tersebut sudah sesuai kehendak rakyat. Pelaksanaan pesta demokrasi berjalan sesuai hati nurani rakyat. ”Meskipun target yang diamanatkan partai tidak tercapai. Ini menjadi catatan kami untuk memperbaiki mesin partai,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (19/4).

Hasil Pileg yang mengakibatkan turunnya jumlah kursi DPRD Boyolali untuk Golkar ini bakal jadi bahan evaluasi. Partai berlambang beringin ini tak bisa tinggal diam begitu saja. Evaluasi menyeluruh bakal dilakukan di tubuh Golkar. 

Namun, meski jumlah kursi legislatif Golkar menyusut dan parpol lain naik daun, Agus punya harapan tinggi kepada DPRD. Bertambahnya kursi ini dapat memperkuat kinerja lembaga legislatif. ”Sebagaimana apa yang menjadi kewajiban wakil rakyat. Begitu juga dengan partai,” papar Agus.

Koordinator Humas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Boyolali Ahmad Hasyim saat dikonfirmasi belum bisa berkomentar. Terkait perolehan kursi DPRD kali ini. Hanya saja, pihaknya berharap minimal partainya memperoleh kursi yang sama dengan pileg edisi 2014 silam.

”Kursi DPRD dari PKS saat ini kan ada empat. Harapanya hasil pileg tahun ini sesuai dengan target di musyawarah daerah lalu. Yakni tujuh kursi. Tapi minimal ya memperoleh kursi sama, empat,” tandas Hasyim. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia