Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Dua Pemain Eks Liga 1 Siap Bergabung Persis Solo

20 April 2019, 18: 15: 25 WIB | editor : Perdana

KOMPAK: Bek Persis Solo Jodi Kustiawan (kanan) tengah berkomunikasi dengan rekannya saat sesi latihan di Lapangan Donohudan.

KOMPAK: Bek Persis Solo Jodi Kustiawan (kanan) tengah berkomunikasi dengan rekannya saat sesi latihan di Lapangan Donohudan. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Dalam membangun sebuah tim, salah satu tantangan terbesar adalah menyatukan seluruh visi misi permainana. Ini harus dilakukan agar semua pemain bisa menyatu di lapangan. Salah satu elemen penting tersebut adalah chemistry dan komunikasi antarpemain.

”Masih banyak kendala yang perlu dievaluasi. Kadang komunikasi antarpemain tak berjalan dengan baik. Banyak salah umpan, atau ada juga yang salah ambil keputusan. Seperti contoh saat si pemain ini dengan teman di sampingnya. Bola yang di dekatnya harusnya diambil atau dilepas. Ternyata karena salah miskomunikasi, bolanya malah jadi diambil lawan. Dalam membangun skema permainan di lapangan, masih sering terlihat tak berjalan dengan baik. Kendalanya karena hal sepele seperti ini,” terang Pelatih Persis Solo, Agus Yuwono kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dia sadar membangun tim dengan komposisi pemain hampir 80 persen adalah pemain baru tentu butuh waktu, dan ini waktu yang tepat untuk memperbaiki semua kekurangan dalam tim. Liga 2 yang rencananya digelar pada pertengahan bulan Juni mendatang, tentu membuat Persis memiliki waktu sekitar dua bulan lagi  untuk persiapan.

”Intensitas latihan saat ini terus kami genjot, dan mungkin akan sedikit menurun ketika bulan puasa sudah tiba. Tapi paling hanya program fisiknya yang dikurangi, intensitas latihan skemanya malah ditambah. Tapi tetap modal utama dalam tim adalah permainan kaki ke kaki yang bisa berjalan dengan baik, jadi skema yang dirancang diharapkan bisa berjalan sesuai instruksi. Saya lihat pemain punya progres bagus dalam tim bersama rekan-rekannya,” tuturnya.

Dalam membangun komunikasi, ternyata peran pemain senior sangat dibutuhkan. Ada beberapa pemain senior di tim Persis, seperti Ugiek Sugiarto hingga Sukasto Efendi. ”Ada banyak pemain senior di tim ini. Saya tekankan ke mereka untuk lebih aktif memberi instriksi kepada pemain lainnya. Mambangun komunikasi yang baik di lapangan itu penting,” ujarnya.

Di lain sisi untuk saat ini ada 20 pemain yang sudah resmi bergabung dengan Laskar Sambernyawa. Dua pemain di luar itu masih dalam tahap negosiasi kontrak. Yakni Aji Bayu Putra dan Dwi Cahyono, yang sebelumnya berseragam Persiba Balikpapan. 

”Kami akan kedatangan dua pemain lagi di posisi stoper dan striker. Rencananya minggu depan saat kita mau uji coba, mereka sepertinya sudah datang. Untuk nama, nanti dulu. Yang pasti mereka dari Liga 1,” terang mantan pelatih Perseru Serui tersebut. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia