Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Penghitungan Ulang di 8 TPS Klaten, Gara-Gara KPPS Bingung dan Lelah

21 April 2019, 22: 30: 30 WIB | editor : Perdana

Proses perhitungan suara ulang TPS 27 Desa Belangwetan di Kantor Kecamatan Klaten Utara

Proses perhitungan suara ulang TPS 27 Desa Belangwetan di Kantor Kecamatan Klaten Utara

Share this      

KLATEN – Delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Klaten melakukan penghitungan surat suara ulang sesuai rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Penyebabnya, ada selisih suara di C1 plano dengan surat suara sah dan  jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Salah satu TPS yang dilakukan penghitungan suara ulang yakni di Desa Belangwetan. Pada TPS 27 dan TPS 24 Panwaslu mengalami permasalahan, terutama adanya selisih suara tersebut.

Anggota Panwaslu Kecamatan Klaten Utara Anton Sanjaya mencontohkan, di TPS 27, total pemilih yang menggunakan hak suaranya ada 220 suara. Tetapi jika ditotal perolehan suara partai dan calon legislatif, jumlahnya lebih dari 220. 

”Saya kira petugas yang melakukan pencatatan ini kurang memahami bagaimana cara mencatat hasil penghitungan suara,” jelas Anton saat ditemui di Kantor Kecamatan Klaten Utara Minggu (21/4).

Lebih lanjut diungkapkan Anton, pihaknya lantas merekomendasikan untuk dilakukan perhitungan ulang pada surat suara DPRD kabupaten. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan kekeliruan saat proses perhitungan suara. Selain kurangnya pemahaman anggota KPPS, mereka juga kelelahan, sehingga kosentrasinya menurun.

“Kalau kita lihat justru ini seperti ada penggelembungan suara yang melebihi jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya. Maka dari itu, kita lakukan penghitungan ulang agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari,” ucapnya.

Perhitungan surat suara menjadi keliru, terutama pada pencoblosan partai sekaligus caleg yang dihitung dua suara. Padahal dalam aturannya, untuk kondisi tersebut tetap dihitung satu suara. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Klaten Arif Fatkhurrohman menjelaskan, adanya perhitungan ulang pada delapan TPS merupakan hasil rekomendasi yang keluar pada Sabtu (20/4). Lantas, pada Minggu (21/4) baru dilakukan perhitungan ulang dengan melibatkan berbagai pihak. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia