Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Kerjasama Tangkal Hoax Dunia Pendidikan

22 April 2019, 14: 51: 26 WIB | editor : Perdana

Pembukaan kegiatan bersama Kementerian Kominfo, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, dan Yayasan Mekar Pribadi

Pembukaan kegiatan bersama Kementerian Kominfo, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, dan Yayasan Mekar Pribadi (RYANTONO P.S./RADAR SOLO )

Share this      

SUKOHARJO – Pelajar kerap menjadi sasaran hoax yang menyesatkan. Berkaitan dengan hal tersebut Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo dan Yayasan Mekar Pribadi menggelar forum sosialisasi Anti Hoax. Kegiatan ini melibatkan siswa, pendidik, seniman dan masyarakat. 

Ketua Yayasan Mekar Pribadi Oetari Noor Permadi mengatakan, forum ini diikuti 300 orang untuk melawan hoax melalui kegiatan ekspresi budaya. ”Kegiatan di Aula Dinas Pendidikan Kebudayaan Sukoharjo,” papar dia. 

Dia mengatakan, ada dua kegiatan yang digelar yakni Forum Sosialisasi dan Pentas Drama Wayang cerita Srikandi Senopati. Oetari Noor Permadi berharap kegiatan ini  dapat meningkatkan kemampuan generasi milenial memilah berita palsu pada setiap informasi yang mereka dapatkan. ”Generasi milenial perlu diasah kemampuannya agar menjadi produsen konten positif salah satunya mengangkat budaya Indonesia,” tegasnya. 

Oetari juga mengingatkan agar para pelajar, generasi milenial untuk tangkas melawan hoax. Dia meminta semua pihak agar tidak mudah termakan hoax. Berita yang didapat harus disaring dahulu sebelum dishare. 

Sedangkan Pentas Drama Wayang cerita Srikandi Senopati menampilkan pemain Wayang Orang Terbaik Indonesia seperti : Dewi Sulastri, Ali Marsudi, Agus Prasetyo, Ahmad Dipoyono. Iringan musik dari Dedek Gamelan Orchestra. Sutradara Irwan Riyadi.

Pimpinan Produksi Suryandoro mengatakan pentas ini dikemas unik. Kegiatan ini adalah wayang orang yang menggunakan bahasa Indonesia. Mereka menggunakan koreografi tradisi kontemporer dan diiringi orkestra gamelan plus musik barat. 

Keunikan lainnya, pemeran utama Dewi Sulastri adalah pemeran terbaik wanita tiga kali berturut turut Festival Wayang Orang WOPA. Sedangkan Koreografer Bathara Saverigadi merupakan peraih penghargaan MURI sebagai Koreografer Muda Dunia sekaligus Peraih Anugerah Kebudayaan dari Pemerintah RI. (yan)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia