Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

24 TPS di Boyolali Lakukan Hitung Ulang, Banyak Ketidaksesuaian

22 April 2019, 19: 36: 38 WIB | editor : Perdana

Penghitungan ulang dilakukan saat sampai di tingkat PPK

Penghitungan ulang dilakukan saat sampai di tingkat PPK

BOYOLALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali mengungkap ketidaksesuaian hasil pemilu terjadi di 27 TPS. 

Komisioner Bawaslu Boyolali Divisi Penindakan, Humas dan Hubal Rubiyanto mengatakan, ketidaksesuaian diketahui saat pleno rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan kecamatan (PPK).

"Sampai pukul 12 siang tadi, ada enam kecamatan yang diketahui ada ketidaksesuaian angka hasil pemilu,” kata Rubi Senin (22/4).

Di Kecamatan Cepogo terdapat empat TPS yang terjadi ketidaksamaan angka. Kecamatan Ampel dan Musuk terdapat masing-masing tiga TPS yang keliru. Kekeliruan juga terjadi pada satu TPS di Kecamatan Mojosongo dan Juwangi.

“Kecamatan Teras yang paling banyak. Di sana ada 12 TPS yang mengalami perbedaan perolehan suara yang dicatat dalam C-1 hologram dan C-1 pengawas serta saksi,” ujar Rubi.

Melihat kondisi ini, Bawaslu langsung meminta dilakukan penghitungan ulang. Namun, meski dihitung ulang, tidak semua surat suara dalam TPS dibuka. Kotak suara yang dibuka hanya yang mengalami perbedaan hasil.

"Kebanyakan hanya satu atau dua surat suara saja. Tapi, ada juga yang empat surat suara dibuka semuanya,” kata Rubi. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia