Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Demokrat Tumbang di Kandang Banteng

22 April 2019, 22: 26: 38 WIB | editor : Perdana

Demokrat Tumbang di Kandang Banteng

SOLO - Penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang belum usai, namun hampir dipastikan Partai Demokrat tak memiliki kursi di DPRD Kota Surakarta.

Meski demikian, partai berlambang bintang mercy itu akan mengajak partai lain yang bernasib sama untuk membentuk lembaga khusus. Lembaga di luar parlemen itu akan menjadi kontrol pemkot maupun legislatif.

Ketua DPC Partai Demokrat Surakarta Supriyanto mengakui, suara partainya tak mampu mengantarkan satu pun perwakilan ke kursi legislatif.

Bahkan, dua kolega di satu partainya juga bernasib sama. Periode lalu partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu memiliki tiga legislator di Karangasem.

“Memang menurut perhitungan suara, dari Demokrat tidak mendapatkan kursi. Ke depan kita akan tetap melakukan kontrol dari luar. Bentuknya bisa dengan membuat lembaga, sehingga meski tidak masuk sistem, kita bisa kontrol,” katanya Senin (22/4).

Menurut Supri, langkah tersebut harus dilakukan lantaran komposisi legislatif  ke depan sudah tidak sehat lagi. Dominasi PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai pemerintah membuat fungsi kontrol DPRD terhadap pemkot menjadi lemah.

“Kami alami di periode terakhir, di mana PDIP mendominasi (24 kursi dari total 45 kursi DPRD), itu enggak sehat. Apalagi periode nanti yang mencapai 60 persen. Saya pesimistis anggota dewan di luar (PDIP) mampu,” ucapnya. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia