Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Nilai Sempurna, Pemkab Siapkan Reward Rp 100 Juta

23 April 2019, 18: 22: 41 WIB | editor : Perdana

TELITI: Suasana pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di SD Negeri 3 Boyolali, kemarin (22/4). Pemkab siapkan reward bagi siswa dengan nilai USBN dan UNBK 10.

TELITI: Suasana pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di SD Negeri 3 Boyolali, kemarin (22/4). Pemkab siapkan reward bagi siswa dengan nilai USBN dan UNBK 10. (TRI WIDODO/RASO)

BOYOLALI – Hari pertama pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SD, kemarin (20/4) berjalan lancar. UNBK SMP di Boyolali diikuti 14.939 siswa, sedangkan USBN SD diikuti 15.811 siswa. Sebagai apresiasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menyiapkan Rp 400 juta kepada siswa yang meraih nilai sempurna 10.

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali M. Said Hidayat terlihat meninjau langsung pelaksanaan UNBK SMP/MTs di dua lokasi. Yakni di SMPN 6 Boyolali dan MTs Negeri Boyolali. Sedangkan untuk USBN, monitoring dilakukan di SDN 3 Boyolali.

”Seperti biasanya, ketika siswa yang mengikuti ujian mendapatkan nilai 10, sudah kami siapkan alokasi anggaran. Memberikan hadiah bagi siswa yang nilainya 10 seperti tahun sebelumnya. Semoga tahun ini ada peningkatan jumlah siswa yang mendapatkan niai 10,” harap Said kepada Jawa Pos Radar Solo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali Darmanto menyatakan, USBN SD dan UNBK SMP/MTs berjalan lancar. Seluruh peserta UNBK sudah menggunakan komputer. ”Mutu pendidikan meningkat dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

UNBK SMP/MTs di Boyolali terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama pukul 08.00-10.00. Sesi kedua pukul 11.00-13.00. Kemudian sesi ketiga pukul 14.00-16.00. Mata pelajaran yang diujikan di hari pertama yakni Bahasa Indonesia. Hari kedua matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan terakhir IPA. 

Sementara USBN SD dilaksanakan tiga hari. Hari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hari kedua ujian mata pelajaran matematika. Sedangkan hari ketiga mata pelajaran IPA. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia