Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Masih Diproses, Kades di Boyolali Bantah Kampanye saat Kawinan

23 April 2019, 21: 58: 30 WIB | editor : Perdana

Masih Diproses, Kades di Boyolali Bantah Kampanye saat Kawinan

BOYOLALI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali butuh tenaga ekstra untuk menjerat Kades Manggis, Kecamatan Mojosongo Muhajirin. Ia dilaporkan melakukan kampanye saat mengisi sambutan hajatan kawinan seorang warga beberapa waktu lalu. 

Komisioner Bawaslu Divisi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Puspaningrum mengatakan, klarifikasi kepada terlapor, yakni Kades Muhajirin sudah dilakukan. Namun, hasil pemeriksaan terlapor dan belasan saksi belum bisa disimpulkan. 

Bawaslu masih butuh keterangan ahli agar berkas pemeriksaan ini benar-benar lengkap. Sehingga bisa dibawa ke pembahasan kedua sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu)

”Sedianya pembahasan kedua (dugaan pelanggaran pemilu oleh kades, Red) itu dilakukan kemarin (Senin 22/4). Tapi, diundur,” kata Puspa Selasa (23/4).

Menurut Puspa, pembahasan kedua ini sangat penting untuk mengkaji, apakah unsur pidana atau perbuatan pidana pemilu ini terpenuhi atau tidak.

Sementara itu, Kades Manggis Muhajirin membantah jika dirinya melakukan kampanye saat mengisi sambutan di acara hajatan kawinan salah seorang warga. Muhajirin berdalih, selaku kades, dia berwenang mengajak warganya untuk menyukseskan pemilu serentak.

”Yang bilang nama caleg DPRD kabupaten yang kebetulan isteri saya adalah tamu undangan sendiri. Saya tidak mengajak-ajak masyarakat untuk memilih isteri saya,” ucap dia. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia