Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Sikapi Video Viral KPPS,KPU Boyolali Masih Kaji untuk Pemungutan Ulang

23 April 2019, 22: 58: 44 WIB | editor : Perdana

Ketua Bawaslu Boyolali Taryono meneliti rekaman video dugaan pelanggaran oleh anggota KPPS di TPS 08 Desa Karangjati beberapa waktu lalu

Ketua Bawaslu Boyolali Taryono meneliti rekaman video dugaan pelanggaran oleh anggota KPPS di TPS 08 Desa Karangjati beberapa waktu lalu

Share this      

BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali belum memberi kepastian terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di tempat pemungutan suara (TPS) yang bermasalah. Itu kendati badan pengawas pemilu (Bawaslu) sudah memberi rekomendasi untuk PSU.

Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin mengatakan, pihaknya masih melakukan pengkajian untuk PSU di TPS 08 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro. Sebelumnya, beredar video viral, di mana seorang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di TPS tersebut mencobloskan surat suara milik beberapa pemilh.

KPU juga masih menunggu hasil klarifikasi oleh Bawaslu yang menangani kasus tersebut. ”Kami masih tunggu hasil klarifikasi dari Bawaslu,” kata Ali Selasa (23/4).

Sementara itu, untuk PSU di TPS 26 Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota, bakal dilaksanakan di akhir ketentuan PSU. Yakni, 10 hari pascapemilu. Diketahui, ada 10 orang dari luar Boyolali yang tidak masuk sebagai daftar pemilih tetap (DPT), namun melakukan pencoblosan di TPS 26 tersebut.

Mereka hanya menggunakan KTP elektronik dan tidak membawa formulir A5. Sehingga oleh Bawaslu direkomendasikan untuk PSU. ”PSU dilaksanakan 27 April,” kata Ali. 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal, Rubiyanto menyatakan, rekomendasi PSU oleh Bawaslu wajib dilakukan KPU. Ada konsekuensi hukum apabilan KPU tak melaksanaan PSU tersebut.

”Ya seharusnya KPU tak perlu menunggu hasil klarifikasi Bawaslu. Karena aturan PSU ini jelas,” tegas Rubi. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia