Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Peduli Bumi, Punguti Sampah Plastik di Sekolah

24 April 2019, 19: 52: 19 WIB | editor : Perdana

CINTA LINGKUNGAN: Sejumlah pelajar SMKN Ngargoyoso membersihkan sampah plastik di lingkungan sekolah mereka. 

CINTA LINGKUNGAN: Sejumlah pelajar SMKN Ngargoyoso membersihkan sampah plastik di lingkungan sekolah mereka.  (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Ajak untuk mencintai bumi bisa dilakukan dengan beragam cara. Seperti aksi pelajar SMK Negeri Ngargoyoso ini kemarin. Mereka beraksi membersihkan sampah plastik di lingkungan sekolahnya.

Kepala SMKN Ngargoyoso Sri Eka Lelana mengungkapkan, kegiatan bertema “Lindungi Spesies Kita” tersebut dilakukan untuk menyambut Hari Bumi. Selain itu juga menanamkan rasa kepedulian pelajar terhadap lingkungan, agar mereka selalu waspada terhadap sampah yang ditimbulkan dari plastik. Karena tidak bisa diurai.

“Seperti sedotan, kantong plastik, kemudian bungkus yang terbuat dari bahan plastik merupakan barang yang berbahaya,” kata Eka.

Selain membersihkan sampah plastik di area lingkungan sekolah, Eka juga mencanangkan pendidikan ke seluruh  siswa-siswi SMKN Ngargoyoso untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Yakni dengan cara tidak membawa makanan dalam bentuk kemasan plastik

“Kita sebut untuk kegiatan pencanangan tersebut yakni Hari Tanpa Beg Plastik (Zero Plastik In My School),” tegasnya.

Ia berharap, dengan berkonsep penjagaan bumi seperti ‘Setiap Hari Tanpa Beg Platik’ diharapkan tidak hanya sebagai tanda bukti kecintaan seluruh SMKN Ngargoyoso terhadap bumi. Tetapi juga bentuk kesadaran, jika plastik merupakan kemasan dari bahan berbahaya. “Semakin kita mengurangi sampah plastik maka berkuranglah limbah berbahaya yang tertimbun dan tidak terurai di bumi,” ujarnya. (rud/bun)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia