Minggu, 26 May 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Sidang Senat Pilih Empat Wakil Rektor UNS

25 April 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Perdana

TETAPKAN PENDAMPING: Rektor UNS Jamal Wiwoho umumkan hasil sidang senat tertutup pemilihan wakil rektor.

TETAPKAN PENDAMPING: Rektor UNS Jamal Wiwoho umumkan hasil sidang senat tertutup pemilihan wakil rektor. (SEPTINA FADIA PUTRI)

SOLO – Usai serah terima jabatan rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) dari Ravik Karsidi kepada Jamal Wiwoho, kemarin digelar sidang senat tertutup yang dihadiri 124 anggota untuk pemungutan suara 12 nama calon wakil rektor dari empat bidang. 

Hasilnya, Ahmad Yunus dari Fakultas Pertanian (FP) menjadi wakil rektor bidang akademik dengan perolehan 111 suara. Bandi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi wakil rektor bidang umum dan keuangan dengan perolehan 78 suara.

Selanjutnya Kuncoro Diharjo dari Fakultas Teknik (FT) menjadi wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni dengan perolehan 91 suara. Serta Sajidan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) menjadi wakil rektor bidang perencanaan dan kerja sama dengan perolehan 94 suara.

Ahmad Yunus menyisihkan Agus Kristiyanto dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) dengan perolehan delapan suara dan Slamet Subiyantoro dari FKIP yang mengantongi lima suara.

Sedangkan perolehan suara Bandi mengungguli Muhtar dari FKIP yang hanya kantongi 46 suara dan Hasan Fauzi mengundurkan diri.

Untuk Kuncoro Diharjo meninggalkan pesaingnya Mangatur Nababan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dengan perolehan dua suara dan Sapta Kunta Purnama dari FKOR yang mendapatkan 31 suara.

Pesaing Sajidan yakni Venty Suryani dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) hanya memperoleh 23 suara, serta Wakit dari FIB tujuh suara.

“Suara dari anggota senat sudah diberikan menjadi pertimbangan kami untuk memilih wakil rektor. Di samping juga pertimbangan kami sebagai rektor adalah curriculum vitae atau track record managerial dari masing-masing calon,” ujar Jamal Wiwoho usai sidang senat tertutup. 

Pertimbangan tambahan untuk bisa diangkat jadi wakil rektor, lanjut Jamal, yakni program kerja di masing-masing bidang, serta kondisi kesehatan.

Rencananya, Jamal melantik keempat calon wakil rektor pada Jumat (26/4). Dilanjutkan serah terima jabatan para wakil rektor periode sebelumnya.

Dalam kegiatan tersebut, Jamal sekaligus melantik staf ahli rektor. Menurutnya, semakin cepat dilaksanakan pelantikan, semakin baik. “Aturannya dalam Peraturan Rektor Nomor 7/UN27/KP/2019 tertanggal 4 Februari 2019 dikatakan bahwa 30 hari setelah pelantikan rektor maka harus sudah ada pemilihan wakil rektor. Kami sudah bisa melakukan itu,” pungkasnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia