Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Features

Merasakan Sensasi Rail Clinic dan Rail Library di Atas Gerbong Kereta

26 April 2019, 08: 55: 59 WIB | editor : Perdana

FASILITAS: Menjajal rail clinic dan rail library menjadi sensasi untuk periksa kesehatan dan membaca di atas kereta api. 

FASILITAS: Menjajal rail clinic dan rail library menjadi sensasi untuk periksa kesehatan dan membaca di atas kereta api.  (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

Periksa kesehatan di klinik umum sudah biasa, namun bagaimana kalau klinik tersebut berada di dalam gerbong kereta api. Termasuk bisa mengakses buku melalui perpustakaan digital di dalamnya. Ingin tahu seperti apa?

ANGGA PURENDA, Klaten

Dua gerbong kereta api berhenti di Stasiun Ceper, Klaten kemarin. Puluhan warga dan anak-anak dengan tertib masuk ke dalam gerbong kereta api. Anak-anak masuk ke gerbong rail library. Selain membaca buku, anak-anak juga bisa memanfaatkan fasilitas e-library di dalam gerbong yang sudah didesain seperti perpustakaan ini.   

Sementara di gerbong lain, warga antre menunggu diperiksa dokter. Ruangan ini adalah rail clinic. Sama seperti klinik pada umumnya, di sana disediakan fasilitas kesehatan untuk periksa sekaligus dokter. Warga bisa periksa keluhan kesehatan yang selama ini dirasakan.

“Tadi saya bisa cek gula, tensi dan mata sekaligus mendapatkan obat. Ini menjadi pengalaman pertama kalinya berobat di atas kereta api,” ujar Sumarto, 82,warga Desa Karangmojo, Kecamatan Ceper, kepada Jawa Pos Radar Solo usai periksa kesehatan di rail clinic. Sumarto mengaku lega bisa berobat secara gratis. Dia berharap ini bisa menjadi agenda rutin bagi warga di sekitar stasiun. 

Latifa, 11, pelajar kelas IV SD N 1 Ceper itu juga mengaku senang bisa mengakses perpustakaan di dalam kereta api. Ini juga menjadi pengalaman pertamanya bisa  mengakses e-library. “Tadi sempat baca buku-buku juga. Tapi saya lebih tertarik untuk mengakses e-library. Soalnya selama ini hanya mengakses dari smartphone saja,” ujarnya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Jogja memang sengaja menghadirkan rail clinic dan library di Stasiun Ceper. Hal ini untuk melayani pengobatan gratis bagi warga yang tinggal di sekitar stasiun. Termasuk memberikan kesempatan kepada para pelajar SD untuk membaca buku dengan berbagai koleksi yang ada dalam kereta api.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat terkait rail clinic yang bisa diakses masyarakat sekitar stasiun. Hari ini di Stasiun Ceper. Kami menargetkan layanan kesehatan ini bisa melayani 400 pasien. Seluruh proses tindakan dilakukan di atas kereta api kesehatan ini,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, Kamis (25/4).

Eko mengatakan, pelayanan kesehatan itu menggunakan rail clinic generasi keempat yang memiliki dua gerbong. Adapun layanan kesehatan yang disediakan di dalam rail clinic adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama. Meliputi pemeriksaan umum, gigi, mata, cek kehamilan serta pelayanan kefarmasian.

“Kami menyiagakan tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai PT KAI untuk melayani masyarakat. Rail clinic ini sudah menjadi program rutin kepada masyarakat di sekitar jalur kereta api. Harapannya dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Selain rail clinic, ada juga rail library pada dua gerbongnya dengan menyediakan berbagai macam koleksi buku. Mulai dari bacaan bagi anak-anak hingga dewasa tersedia di perpustakaan dalam kereta api tersebut. Bahkan bisa menikmati fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan berbagai video edukatif serta lagu anak-anak di dalamnya.

“Kali ini yang diundang anak-anak dari SD N 1 Ceper dan SD N 1 Jambu Kulon untuk bisa mengakses perpustakaan di rail library. Harapannya bisa meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar stasiun sendiri,” jelasnya.

Di sisi lain, hadirnya rail clinic dan library tersebut untuk mendorong masyarakat agar semakin mencintai kereta api. Terlebih lagi lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api. Bahkan mengharapkan partisipasi masyarakat sekitar stasiun untuk menjaga aset-aset PT KAI serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api sendiri. (*/bun)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia