Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Tim Penggali Candi Sirih Watu Kelir Sukoharjo Temukan Arca Candra

26 April 2019, 18: 14: 29 WIB | editor : Perdana

Temuan Arca Candra/Surya di Candi Sirih  Watu Kelir, Kecamatan Weru

Temuan Arca Candra/Surya di Candi Sirih Watu Kelir, Kecamatan Weru

SUKOHARJO – Penggalian yang dilakukan belasan peneliti dari Balai Arkeologi DIY di Candi Sirih Watu Kelir, Kecamatan Weru membuahkan hasil. Mereka menemukan sebuah Arca Candra/Surya.

Pemerhati Budaya Sukoharjo Bimo Kokor Wijanarko mengatakan, para peneliti melakukan penggalian sejak Selasa (23/4). Dalam proses penggalian tersebut ada empat titik di sekitar Candi Sirih. 

Hasilnya pada Kamis (25/4), ada temuan Arca Candra/Surya. ”Saya belum bisa jelaskan, itu berapa usianya karena masih diteliti,” papar Bimo Jumat (26/4).

Kokor mengatakan, arca tersebut termasuk langka dan temuan ini sangat bagus. Arca tersebut masih dititipkan di Gubuk Jananti dekat lokasi penggalian. 

Hingga kini, observasi terus dilakukan sampai 11 Mei mendatang. Dari penelitian yang dilakukan, Candi Sirih memiliki satu candi inti dan tiga perwara di sekelilingnya. Saat ini sudah ditemukan dua perwara dan satu perwara hilang.

Sebelumnya, peneliti Balai Arkeolog DIY Baskoro Daru Tjahjono mengatakan, Candi Sirih kemungkinan ada di masa Mataram Kuno sekitar abad VIII hingga X Masehi.  (yan/ria)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia