Sabtu, 25 May 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kotak Suara di PPK Mulai Ditarik

26 April 2019, 21: 18: 47 WIB | editor : Perdana

DISIMPAN: Penarikan kotak suara dan logistik Pemilu 2019 dari PPK Jatisrono menuju gudang KPU Wonogiri.

DISIMPAN: Penarikan kotak suara dan logistik Pemilu 2019 dari PPK Jatisrono menuju gudang KPU Wonogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

MENCEGAH terulangnya kotak suara jebol akibat kehujanan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri menggunakan truk boks untuk mengangkut logistik Pemilu 2019 dari sejumlah panitia pemilihan kecamatan (PPK) menuju gudang KPU setempat. 

Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan, penarikan kotak suara sudah dilakukan di empat kecamatan. "Sejak Rabu (24/4,Red) sudah mulai kita tarik kotak suaranya. Diangkut dari kecamatan menggunakan truk ekspedisi PT Pos dan Giro. Jadi aman, tidak kehujanan," terangnya kemarin (25/4). 

Ditambahkan Toto, untuk rekapitulasi penghitungan surat suara baru rampung di 17 kecamatan telah rampung. Masih tersisa delapan kecamatan. Tergetnya, dua hingga tiga hari ke depan bisa rampung seluruhnya. Dilanjutkan penarikan kotak suara. "Tapi belum tahu, apakah nanti gudang akan muat atau tidak. Sudah kita siapkan gudang KPU yang di belakang kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Red)," jelas dia. 

Upaya lain untuk menyiasati gudang overload, kotak suara akan ditumpuk seperti menata batu bata. "Biasanya ditumpuk satu per satu ke atas. Sekarang akan ditumpuk seperti menata batu bata," ucap Toto. 

Soal hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu, Toto belum bersedia member bocoran. Pihaknya tetap menunggu pleno. 

Terpisah, Camat Jatipurno Suradi menerangkan, seluruh kotak suara dan logistik Pemilu 2019 lainnya yang semula disimpan di kantor kecamatan sudah ditarik KPU Wonogiri.

"Sudah beres sekarang, kotak suara sudah diambil KPU," pungkas dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia