Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Potensi Wisata Potensial Belum Tergarap 

27 April 2019, 09: 05: 59 WIB | editor : Perdana

BUTUH PROMOSI: Nelayan menjaring ikan di Rawa Jombor. Tempat ini menjadi salah satu jujugan pariwisata yang saat ini sedang digarap.

BUTUH PROMOSI: Nelayan menjaring ikan di Rawa Jombor. Tempat ini menjadi salah satu jujugan pariwisata yang saat ini sedang digarap. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Potensi pariwisata alam di Kabupaten Klaten tidak kalah dengan daerah lain. Namun, selama ini promosi masih kurang optimal. Karena itu butuh terobosan untuk menggaungkan ini ke luar daerah untuk menarik wisatawan. 

Salah satu cara yang dilakukan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten adalah dengan memanfaatkan para alumni Mas dan Mbak Klaten yang tergabung dalam Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Klaten. 

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disparbudpora Klaten, Ety Pusparini mengatakan jika pemilihan Mas dan Mbak Klaten yang diselenggarakan tidak sekadar acara tahunan semata. Tetapi memiliki misi untuk mengenalkan objek wisata di Klaten secara meluas.

“Memang saat Mas dan Mbak Klaten terpilih memiliki tugas untuk mempromosikan wisata kita di berbagai kesempatan. Namun, saat mereka sudah alumni sebenarnya juga memiliki tugas sama,” jelas Rini, Jumat (26/4).

Kegiatan di Adwindo ini banyak menunjang untuk mempromosikan wisata di Klaten. Mulai mengikuti acara di tingkat kabupaten, menjadi narasumber di berbagai acara hingga kunjungan ke objek wisata. Terutama melibatkan para duta wisata dari kabupaten maupun kota di eks Karesidenan Surakarta.

Rini mengaku, setiap kali ada kegiatan kunjungan ke objek wisata setiap bulannya, disparbudpora mendukung sepenuhnya. Termasuk memperkenalkan berbagai paket wisata yang ada di Klaten. Terutamanya berkaitan dengan wisata alam seperti berbagai umbul dan perbukitan yang selama ini menjadi daya tariknya.

Kepala Disparbudpora Klaten Pantoro menambahkan jika Klaten memiliki potensi wisata alam yang selama ini dikenal secara luas. Mulai dari Umbul Ponggok hingga perbukitan dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Kecamatan Bayat.

“Sebenarnya wisata alam yang kita miliki cukup potensial untuk dikenalkan kepada para wisatawan,” jelasnya. (ren/bun)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia