Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pemungutan Suara Ulang di 32 TPS Jateng

27 April 2019, 17: 00: 25 WIB | editor : Perdana

Pemungutan Suara Ulang di 32 TPS Jateng

SUKOHARJO - Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat memantau Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Sukoharjo. Dalam kunjungan tersebut dikatakan ada total 32 TPS di Jateng yang melakukan coblosan ulang. Penyebab, coblosan ulang juga sama yakni ada orang diluar daerah DPT ikut mencoblos di TPS. 

Yulianto Sudrajat terlihat memantau coblosan di TPS 007 Toriyo, Bendosari, Sukoharjo. Dia datang didampingi Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda. Dalam pantauannya tersebut semua proses berjalan lancar. "Kalau se Jawa Tengah ada 32 TPS Coblosan ulang," papar dia.

Pihaknya menuturkan, penyebab PSU dianalisisnya rata-rata sama. Itu terjadi lantaran ada pemilih luar kota tetapi menggunakan hak pilihnya di TPS dengan menggunakan E-KTP. Hal tersebut  tidak boleh sebab mereka seharusnya menggunakan haknya sesuai di alamat yang ada di KTP. 

"Karena kurangnya pengawasan dan pemahaman dari KPPS hal itu terjadi, sehingga oleh Bawaslu direkomendasikan untuk diulang. Namun kami tegaskan bahwa apa yang terjadi itu bukan bentuk dari kecurangan," papar dia. 

Pihaknya menuturkan, dalam satu TPS sebenarnya jumlahnya tidak signifikan. Hanya ada empat bahkan hanya ada dua pemilih yang menggunakan E-KTP diluar alamat TPS. Sementara itu, kasus lain PSU seperti di Jepara. Ada satu TPS dilakukan PSU lantaran Ketua KPPSnya tidak sesuai yang tercatat dalam daftar. Sebab Ketua KPPS yang asli tidak bisa hadir dan digantikan oleh orangtuanya. 

Otomatis hal itu menjadi masalah karena surat suara yang telah ditandatangani menjadi tidak sah akibat ditandatangani oleh Ketua KPPS yang tidak seharusnya. Namun demikian, hal itu sudah dapat diselesaikan dan tidak ada masalah. (yan)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia