Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Tanamkan Kebersamaan, 5.000 Pelajar Menari Masal

29 April 2019, 17: 36: 52 WIB | editor : Perdana

KOMPAK: Tari angsa massal dalam rangkat memeringati Hari Tari Sedunia digelar di sepanjang Jalan Lawu Karanganyar, Minggu (28/4).

KOMPAK: Tari angsa massal dalam rangkat memeringati Hari Tari Sedunia digelar di sepanjang Jalan Lawu Karanganyar, Minggu (28/4). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Dalam rangka memeringati Hari Tari Sedunia pada 29 April sekaligus menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei mendatang, 5.000 pelajar menari bersama di Jalan Lawu, Karanganyar, pagi (28/4) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar Tarsa mengatakan, 5.000 siswa dari pelajar SD, MI, SMP, hingga SMA menarikan tari angsa massal di sepanjnag Jalan Lawu. Mulai dari Tugu Dwi Darma batas kota sampai Monumen Taman Pancasila di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

“Kami sengaja memilih tari angsa lantaran hewan tersebut memiliki filosofi kebersamaan dan kekompakan dalam mewujudkan misi kesuksesan,” terang Tarsa di sela kegiatan.

Dijelaskan, gelaran tari angsa massal diselenggarakan berkat gotong rayang sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD) serta pengelola usaha swasta di Karanganyar.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Sutarno mengaku kegiatan tari angsa massal diharapkan dapat memupuk rasa cinta dan menghormati kebudayaan bagi generasi penerus bangsa, khusunya pelajar.

“Pelajar diharapkan lebih bisa santun dalam bergaul, memiliki rasa kebersamaan, berkarakter, lembut, dan tentunya cinta akan seni budaya,” ujar Tarno.

Salah seorang penari, Nisa, 13 mengaku bangga bisa menjadi bagian dari tari massal angsa tersebut. Meski waktu tampil hanya 8 menit, namun cukup berkesan. Apalagi butuh lima hari untuk menghafalkan gerakannya.

“Dilatih guru di sekolah. Ya senang, karena bisa menari. Dan ternyata gampang – gampang susah. Tapi tetap senang karena temannya banyak,” jelas siswi SMPN 3 Tasikmadu tersebut. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia