Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Pemungutan Suara Ulang Untungkan Caleg PAN

29 April 2019, 18: 20: 36 WIB | editor : Perdana

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta

Share this      

BOYOLALI – Ketua Dewan Pembina Pusat (DPP) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Mohammad Hatta diuntungkan pemungutan suara ulang (PSU) di Daerah Pemilihan (Dapil) V. Sebab Calon Legeslatif (Caleg) Partai Aman Nasional (PAN) ini optimistis bisa mengejar ketertinggalan sebanyak 300 suara. Artinya, kans dia lolos ke Senayan menjadi anggota DPR RI terbuka lebar.

Sebagai catatan, PSU yang digelar di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Dapil V menguntungkan dirinya. Seperti di Kabupaten Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo. Ikut mengerek perolehan suara PAN.

”Sesuai hitungan tim, kami sudah mendapat 108.141 suara pagi tadi (kemarin). Artinya PAN bisa masuk di DPR RI. PAN di Jawa Tengah atau di Dapil V ini masih dipercaya masyarakat. Kami sudah punya data, bahwa PAN hanya selisih sedikit dengan PDIP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan). Jika PAN mendapatkan 300 suara saja, dipastikan masuk kembali ke Senayan,” klaim Hatta kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (28/3).

Dia menyebut pemilu tahun ini dinamis. Terbukti petarung di Dapil V sosok luar biasa. Namun PAN berhasil mendapat kursi DPR RI. ”Data yang kami peroleh, PDIP ada tiga calon ke Senayan. Golkar 1, Nasdem 1, PKB 1, PKS 1, dan PAN 1 kursi,” tandasnya.

Terpisah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menjadwalkan rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara, hari ini (29/4). Meski terdapat dua TPS yang baru melaksanakan PSU, Sabtu (27/4). Rapat pleno terbuka penghitungan suara untuk lima jenis suara. 

PSU dilakukan di TPS 10 Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah dan TPS 13 Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan. Karena ada pemilih dari luar wilayah yang hanya membawa e-KTP dan tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT). Belum mengurus formulir A5 atau surat pindah lokasi pemilih. Tetapi oleh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), diperbolehkan nyoblos. 

Sementara itu, menjamin keamanan tiap tahapan pemilu, Polres Klaten menerjunkan personelnya. Termasuk menyiagakan pengamanan objek vital. Seperti Kantor KPU Klaten dan gudang penyimpanan logistik pemilu. Serta rapat pleno terbuka KPU Klaten.

”Personel belum ada penarikan sama sekali. Masih melakukan pengamanan di setiap tahapan pemilu sampai selesai. Justru kami lakukan penebalan pengamanan pada objek vital,” beber Kabagops Polres Klaten AKP Didik Sulaiman mewakili Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi. (wid/ren/fer)

(rs/wid/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia