Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Gala Siswa Wadah Pembibitan

29 April 2019, 18: 44: 51 WIB | editor : Perdana

PEMBINAAN: Gala Siswa Indonesia di Stadion Trikoyo.

PEMBINAAN: Gala Siswa Indonesia di Stadion Trikoyo. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Sebanyak 22 sekolah menengah pertama (SMP) terjun di turnamen sepak bola Gala Siswa Indonesia. Berlangsung 27 April hingga 3 Mei di Stadion Trikoyo Klaten. Mewakili masing-masing kecamatan di Klaten.

Turnamen menggunakan sistem gugur. Jawara ajang ini bakal mewakili Kota Bersinar, maju di tingkat provinsi. Seluruh peserta merupakan hasil seleksi di tiap kecamatan. ” hanya diikuti 22 tim dari total 26 kecamatan di Klaten. Kecamatan Cawas, Karangnongko, dan Wonosari tidak ikut. Kecamatan Gantiwarno terlambat mendaftar secara online,” kata Ketua Panitia Gala Siswa Indonesia di Klaten Tonang Juniarta Tonang kepada Jawa Pos Radar Solo.

SMP yang menjadi juara tingkat kecamatan, berhak merekrut pemain dari SMP lain. Artinya, tim yang maju di tingkat kabupaten dihuni pemain-pemain muda berkualitas. Ajang ini diklaim sebagai wadah pembinaan pemain sepak bola muda. ”Harus didaftarkan dulu secara online, langsung ke Kemendikbud. Kalau tidak didaftarkan, percuma karena tidak boleh bergabung,” jelasnya.

Gala Siswa Indonesia digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara berjenjang. Juara tingkat kabupaten berhak melaju ke provinsi. Seterusnya hingga fase nasional. Tahun lalu ajang ini dimenangi SMPN 2 Klaten.

”Perkembangan sepak bola di Klaten terus mengalami peningkatan. Sudah banyak bermunculan sekolah sepak bola (SSB). Lewat kejuaraan ini membuat para pemilik SSB terpacu melahirkan atlet berprestasi,” sambung Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kejasmanian (PJOK) Klaten Sufyarnomo.

Sufyarnomo berharap kejuaran kali ini bisa berkontribusi bagi pembinaan sepak bola di Klaten. Mengasah talenta-talenta muda. Agar mampu berbicara di kancah nasional. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia