Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

6 Penyelengara Pemilu Dipecat, Terjerat Pencabulan hingga Tak Netral

29 April 2019, 21: 24: 22 WIB | editor : Perdana

6 Penyelengara Pemilu Dipecat, Terjerat Pencabulan hingga Tak Netral

SOLO – Sedikitnya enam orang penyelenggara pemilu 2019 dipecat dari jabatannya. Kasusnya beragam, mulai tindak pencabulan hingga bertemu dengan salah satu calon anggota legislatif (caleg) tertentu. 

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono. Ia menuturkan, pemecatan itu diputuskan dalam sidang kode etik awal bulan lalu. Mereka yang dipecat dianggap sudah tidak mencerminkan pelaku penyelenggara pemilu. 

“Salah satu contohnya adalah anggota KPU Jogjakarta yang terlibat kasus pencabulan. Lainnya ada yang bertemu caleg, ada juga karena kinerjanya yang buruk,” ujar Harjono Senin (29/4).

DKPP juga mengeluarkan sanksi berupa pemberhentian sementara untuk tiga orang penyelenggara pemilu. Serta ada ketua KPU yang dicopot dari jabatannya.

"Ada juga tujuh orang teradu yang mendapatkan sanksi berupa peringatan karena terbukti melanggar kode etik. Dan, 19 orang mendapatkan tehabilitasi nama baik mereka,” papar Harjono.

Semua kasus tersebut, lanjut Harjono, diputus sebelum hari H pencoblosan. Saat ini DKPP masih terus menerima aduan terhadap dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia