Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Solo Sebar Sukarelawan Tumpas Narkoba

30 April 2019, 14: 59: 57 WIB | editor : Perdana

Pemkot Solo Sebar Sukarelawan Tumpas Narkoba

SOLO – Terkategori sebagai wilayah dengan tingkat penyalahgunaan narkoba cukup tinggi membuat pemkot risi. Sebab itu, disiapkan sukarelawan antinarkoba yang disebar di 54 kelurahan. Tugasnya, memerangi narkoba melalui sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza). 

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo bakal mencarikan nama terbaik untuk para sukarelawan tersebut. Dipilih nama yang penuh makna dengan harap mereka bisa optimal bekerja. 

"Bukan satgas ya, nanti terdengar menyeramkan. Akan ada nama yang lebih filosofis, namun terdengar akrab di masyarakat. Tiap kelurahan sementara ada tiga (personel, Red), atau (total, Red) sekitar 162 orang. Ke depan akan bertambah,” katanya, Senin (29/4).

Staf Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surakarta Brian Primanda, mengatakan sukarelawan tersebut akan membantu tugas BNNK mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. 

“Peredaran narkoba di Solo ini termasuk besar dibanding kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.  Di eks Karesidenan Surakarta berada pada urutan pertama dan di Jawa Tengah nomor dua. Bantuan dari sukarelawan akan membantu tugas BNNK yang baru terbentuk setahun lalu,” paparnya.

Berdasar data BNN Provinsi Jateng, faktor geografis memengaruhi tingginya penyalahgunaan narkoba. Eks Karesidenan Surakarta menjadi kota transit Jogjakarta dan Jawa Timur. 

"Selain itu, di eks Karesidenan Surakarta juga terdapat wilayah yang sepi perlintasan, atau disebut daerah kosong. Hal itulah yang membuka kesempatan para pengedar narkoba bertransaksi dengan leluasa," tandasnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia