Minggu, 16 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Ujian, Tunanetra Cukup Pakai Headphone

30 April 2019, 15: 14: 43 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi

Share this      

SOLO – Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) gelombang dua pada 4 Mei bakal diikuti peserta tunanetra. Mereka akan menggunakan metode terbaru screen reader yang dikembangkan lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT).

Ketua LTMPT Ravik Karsidi memastikan  peserta UTBK tunanetra tidak perlu pendamping. Mereka cukup memakai headphone dan mendengarkan soal ujian dalam bentuk suara. LTMPT akan memininalkan soal berbentuk gambar, tabel, dan grafik.

“Peserta tunanetra di seluruh Indonesia tidak lebih dari 200 peserta. Sudah kami siapkan dengan baik (teknis ujian,Red). Sudah kami uji cobakan,” bebernya, Senin (29/4).

Naskah soal UTBK untuk peserta tunanetra dan peserta reguler, lanjut Ravik, tidak banyak berbeda. Perbedaan hanya terletak pada penggunaan soal bergambar. Kemudian peserta menjawab soal sendiri tanpa perlu pendamping. Pelaksanaan ujian juga tidak diberikan perpanjangan waktu.

“Karena mereka mobilitasnya terbatas, lokasi ujian peserta tunanetra nanti di lantai bawah,” sambungnya.

Sementara itu, dua hari pelaksanaan UTBK gelombang pertama pada 27-28 April diikuti 280.638 peserta. Ujian berjalan lancar. Hanya saja masih ditemui ada beberapa peserta yang tidak membawa persyarata ujian.

Ravik mengatakan peserta dapat melihat hasil UTBK pada laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id  menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK. Hasil tes UTBK digunakan sebagai syarat untuk mendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) yang akan dimulai pada 10-24 Juni. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia